Keindahan alam anugerah Tuhan, dimiliki Kabupaten Trenggalek yang berada di barat daya Kota Surabaya (186 Km). Keindahan alam yang menarik sebagai obyek wisata di daerah tersebut ternyata tidak hanya Goa Lawa atau Pantai Prigi yang selama ini dikenal.

Trenggalek memiliki obyek wisata lain yang sayang kalau tidak dikunjungi, seperti Pantai Konang, Pantai Ngampiran, Pantai Damas, Pantai Karanggongsong, Pantai Blando hingga Pantai Pelang.

Seluruh pantai yang tepinya berpasir putih tersebut, berada di Laut Selatan atau Samudera Hindia, yang tentunya memiliki ombak menarik dibanding pantai yang berada di Laut Jawa.

Pantai Pelang, misalnya, terletak di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul berjarak 56 Km dari Kota trenggalek atau 237 Km barat daya Kota Surabaya, merupakan pantai yang masih alami terkenal dengan ombaknya yang besar.

Tidak jauh dari pantai berpasir putih halus ini (sekitar 300 meter) arah utara terdapat air terjun dengan ketinggian 25 meter. Air terjun ini berair jernih sehingga dapat digunakan untuk mandi, berenang yang oleh masyarakat setempat diyakini dapat membuat awet muda.

Sepanjang pantai berpasir putih dengan khas nyiur atau pohon kelapa, keindahan panorama laut bisa dinikmati dari puncak bukit kecil di dekat pantai.

Sekitar 2 Km arah timur Pantai Pelang, tepatnya di Desa Nglebeng, masih Kecamatan Panggul, memiliki ombak cukup besar sehingga sesuai bagi para pemacu adrenalin penggemar selancar.

Sedangkan selain Prigi, Pantai Karanggongsong terletak sekitar 3 Km arah timur dari Pantai Prigi, sudah memilik fasilitas penginapan dan persewaan motor boat, karena pantai berpasir putih sepanjang 1,5 Km dengan airnya jernih dan cukup tenang karena di depan laut lepas ada beberapa pulau kecil ini banyak dikunjungi wisatawan.

Tiga pantai berpasir putih lainnya, justru masih sangat alami, jarang dikunjungi wisatawan, kalaupun ada masyarakat hanya beberapa nelayan yang tinggal dan mencari nafkah sekitar Pantai Blando, dua pantai lainnya yaitu Damas serta Ngampiran, nyaris tanpa penghuni.

Pantai Blando berada di Desa/Kec Munjungan sekitar 47 Km barat daya Kota Trenggalek atau 223 Km barat daya Kota Surabaya. Pantai berombak besar dan masih sangat alami ini memiliki hamparan pasir putih sepanjang 3 Km, sesuai untuk aktivitas surving.

Dua pantai lainnya yang alami ialah Pantai Damas di Desa Karanggandu sekitar 5 Km barat daya Prigi, di mana Pemkab setempat berencana melengkapi berbagai prasarana dan sarana memadai. Sedangkan Pantai Ngampiran di Desa Tawing, Kecamatan Munjungan 4 Km arah timur kantor Kecamatan atau 50 Km barat daya Kota Trenggalek.

Kesenian

Selain pantai dan goa, obyek wisata lain yang cukup menarik dimilik Trenggalek di antaranya kesenian Turonggo Yakso, termasuk kesenian jaranan yang juga terdapat di daerah lain. Namun, ciri khusus yang menjadi khas Turonggo Yakso terletak pada bentuk kuda kepang digunakan. Kuda kepang dibuat dari kulit sapi atau kerbau dengan gambar kepala raksasa berambut lebat.

Turonggo Yakso menggambarkan kemenangan warga desa dalam mengusir marabahaya yang menimpa desanya (digambarkan dengan kepala raksasa). Di samping gambar kuda berkepala raksasa, gendhing dan gerakan tariannya begitu dinamis dan bersemangat.

Kesenian lainnya ialah Tiban, merupakan salah satu kesenian daerah trenggalek sampai kini masih tumbuh subur di pelosok pedesaan. Tiban merupakan kesenian tradisional bagi anak-anak gembali yang berebut air untuk ternaknya pada musim kemarau. Untuk memperoleh air mereka (gembala) adu kekuatan dengan menggunakan cambuk sebagai senjatanya.

Ketika mereka tengah berkelahi, hujanpun turun dengan deras. Hingga saat ini Tiban dilaksanakan pada musim kemarau sambil memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Cambuk untuk senjata dipilih dari lidi aren yang dipintal dengan jumlah tertentu. Sedangkan pemimpin permainan disebut "Landang" yang dipilih dari seorang bijakasana serta menguasai permainan dan biasanya yang paling senior. Permainan Tiban diiringi gamelan "pelog" dan gendang, dengan irama dinamis untuk membuat pemain lebih bersemangat dan energik.

Untuk menginap terdapat beberapa hotel melati hingga berbintang tiga yang tarifnya nisbi terjangkau, dari termurah penginapan di Pantai Panggul yang tarifnya hanya Rp25 ribu, atau hotel di Prigi dengan tarif Rp90 ribu hingga Rp300 ribu. Bisa juga menginap di hotel berbintang tiga satu-satunya di Trenggalek yaitu Graha Hayam Wuruk yang tarifnya mulai Rp200 ribu hingga "Deluxe" bertarif Rp600 ribu.(*)