Kinabalu - Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Sabah Malaysia terus memotivasi anak-anak tenaga kerja Indonesia yang menuntut ilmu di sekolah tersebut untuk berprestasi.

Kepala SIKK Sabah, Dadang Hermawan di Kota Kinabalu, Sabtu menyatakan sistem pendidikan yang diterapkan kepada siswa-siswi WNI yang orangtuanya bekerja di Sabah, Malaysia, dengan berbagai metode termasuk memotivasi agar terus belajar.

Ia menambahkan anak-anak TKI kadangkala kehilangan kepercayaan diri, akibat terlalu lama menetap di perkebunan sawit bersama orangtuanya, sehingga kurang percaya diri.

Dadang mengatakan pihaknya melakukan pendekatan-pendekatan secara kekeluargaan melalui bimbingan secara langsung demi meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Berkat upaya yang dilakukannya selama ini, dia menyatakan sejumlah siswa dan siswinya menunjukkan sejumlah prestasi dan mampu bersaing dengan siswa atau siswa sekolah Indonesia lainnya di luar negeri.

Dadang mencontohkan, pada lomba menari antar siswa-siswi sekolah Indonesia di luar negeri di Bali baru-baru mampu meraih juara I tingkat nasional.

"Metode pengajaran yang kami terapkan selain belajar bidang studi umum juga melakukan pendekatan langsung dengan anak-anak memberikan motivasi agar terus belajar agar mampu menunjukkan prestasi," katanya.

Ia juga menyatakan, dengan sistem pendekatan yang dilakukan selama ini kepada anak didiknya telah memberikan perubahan drastis di kalangan mental dan prestasi siswa siswinya.

Prestasi yang telah diraih siswa siswi SIKK Sabah selama ini, lanjut Dadang, menunjukkan bahwa anak-anak TKI di Negeri Sabah memiliki kemampuan akademik dan keterampilan yang sangat baik.(*)