Pasuruan - Ribuan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kabupaten Pasuruan demontrasi di depan kawasan industri PIER (Pasuruan Industrial Estate Rembang), Rabu, sehingga ratusan kendaraan terjebak dalam kemacetan di jalur pantura yang menghubungkan Bangil - Pasuruan.

Demo ribuan buruh di Pasuruan merupakan rangkaian gerakan mogok kerja nasional yang dilakukan oleh para buruh se-Indonesia pada hari ini. Aksi di Pasuruan diikuti oleh para buruh di antaranya dari kawasan PIER Rembang, PT JAI Gempol, serta buruh dari berbagai perusahaan di Kabupaten Pasuruan.

Aksi diwarnai dengan orasi, dan menggelar berbagai poster di badan jalan, sehingga menimbuilkan kemacetan arus kendaraan dari berbagai arah. Kemacetan terus berlanjut karena para buruh melanjutkan demo ke pendapa Kabupaten Pasuruan.

Sehingga arus kendaraan dialihkan lewat jalur selatan. Kendaraan yang datang dari arah Probolinggo dialihkan ke arah Purwosari. Sebaliknya kendaraan yang dari arah Bangil juga diarahkan ke Pandaan terus menju ke Purwosari.

Meski demikian, masih banyak kendaraan yang nekat melewati ruas jalan Pasuruan - Bangil, sehingga terjebak dalam kemacetan yang panjangnya mencapai 5 kilometer dari masing-masing arah.

Di pendapa Kabupaten Pasuruan para buruh mendesak Bupati Pasuruan, Dade Angga segera melayangkan surat ke Presiden RI untuk memberlakukan UU Nomer 24 Tahun 2011 tentang penyelengaraan sistem jaminan sosial agar para buruh bisa mendapatkan jaminan kesehatan saat bekerja. (*)