Surabaya - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur mulai membahas rancangan tahapan Pemilihan Gubernur Jatim periode 2014-2019.

Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Jatim, Agus M. Fauzi mengatakan, pembahasan ini terkait tahapan-tahapan, dengan melibatkan 15 KPU Kabupaten/Kota se-Jatim, termasuk empat daerah yang melaksanakan Pilkada bersamaan.

"Kami sudah melakukan pertemuan di Kantor KPU Kota Madiun hari ini. Tujuannya untuk mengevaluasi dan memberikan masukan rancangan tahapan Pilgub Jatim," ujar dia.

Pada akhir September, rancangan tahapan Pemilihan Gubernur Jatim dipastikan selesai. Sedangkan khusus Rancangan Kebutuhan Belanja, akan dibahas pada 21-22 September.

Dalam pertemuan tersebut, lanjut Agus, pihaknya akan mengundang KPU Kabupaten/Kota yang menggelar Pilkada bersamaan, beserta wilayah yang sulit pengiriman serta pendistribusian logistik, khususnya kepulauan dan pegunungan.

Sementara itu, KPU Jatim memastikan bahwa pelaksanaan Pilgub Jatim digelar 29 Agustus 2013, meski banyak pihak yang mewacanakan agar diundur 2015.

"Tidak ada pembahasan jadwal lagi. Kami sudah sepakat pelaksanaan Pilgub Jatim periode 2014-2019 akan digelar pada 29 Agustus 2013," kata Agus M. Fauzi. (*)