Rumbai, Riau - Atlet tembak Jawa Timur Sahurun, kembali menyabet medali emas dari nomor 50 meter "Rifle 3 Positions Men" PON XVIII/2012 di arena menembak, Rumbai, Riau, Minggu.

Sebelumnya, Sahurun telah meraih emas dari nomor 50 meter "Rifle Prone Men", sekaligus membukukan rekor atas namanya sendiri. Ia juga menyumbang emas dari nomor 50 meter "Rifle Prone Men Team" dan 50 meter "Rifle 3 Positions Men Team".

Ia tampil cemerlang dengan total perolehan nilai 1226.4, meninggalkan jauh finalis lainnya. Ia sudah mencetak nilai tinggi pada babak kualifikasi sebesar 1129 dan tampil konsisten pada babak final dengan meraih nilai 97.4, sehingga tidak memungkinkan untuk terkejar.

"Kuncinya ikut saran dari pelatih, serta selalu sabar dan teliti. Apa yang pernah dipelajari, semua diterapkan," kata Sahurun usai pertandingan.

Sahurun mengaku nomor 50 meter Rifle 3 Positions Men bukan nomor andalannya, dan baru kali bertanding di nomor tersebut. Hal itu karena perintah dari pelatihnya, maka ia tidak pernah menargetkan mendapat medali dari nomor ini.

"Saya tidak pernah berangan-angan dapat emas dari nomor ini, baru kali ini ikut di nomor ini. Terakhir saat kejuaraan nasional dua tahun lalu. Kalau PON belum pernah," ujar Sahurun.

"Makanya saya bermain tanpa beban," tambah Sahurun yang harus dipaksa pelatihnya agar turun di nomor ini.

Sementara itu, untuk medali perak dipegang oleh atlet asal DKI Jakarta, Adri Maulana dengan total nilai 1211.6 dan medali perunggu diraih oleh atlet asal Bali, Thomas Leo Lay, dengan total nilai 1210.7.(*)