Surabaya - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Timur berjanji akan lebih memperhatikan organisasi kepemudaan di tingkat bawah dengan harapan bisa menyentuh langsung persoalan masyarakat.

"Kegiatan kepemudaan yang dilakukan KNPI di sebuah kecamatan akan menjadi ujung tombak. Sebab para pengurus inilah yang mengetahui dan paling mengerti persoalan di suatu tempat, sehingga benar-benar menyentuh," ujar Ketua KNPI Jatim Blegur Prijanggono kepada wartawan di sela-sela pelantikan pengurus baru KNPI Jatim di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat.

Dalam periode 2012-2015 ini, pihaknya menegaskan target utamanya mengembalikan KNPI ke jati diri sebagai wadah berhimpun organisasi kepemudaan. Selain bersentuhan dengan persoalan di masyarakat, juga mengembangkan program utama tentang kewirausahaan.

Blegur Prijanggono mengakui kepemimpinannya selama tiga tahun ini bukanlah tugas ringan. Apalagi realitanya sekarang ini KNPI dinilai kurang maksimal menjadi wadah berhimpun kepemudaan yang plularis, serta bertendensi menjadi batu loncatan untuk kepentingan politik.

"Kami menyadari betul realita ini dan bukanlah tugas ringan menyelesaikannya. Tapi inilah tantangan yang harus diselesaikan. Saya setuju dan siap bila ada pernyataan bahwa KNPI kehilangan militansi untuk membawa semangat perubahan dan pembaharuan," papar Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Surabaya tersebut.

Ketua Umum KNPI Pusat Taufan Rotorasiko yang ditemui usai pelantikan mengaku sangat berharap kepada KNPI Jatim untuk berubah menjadi wadah organisasi yang bisa mandiri dan memiliki karakter sebagai organisasi kepemudaan.

"Di negeri ini kerap terjadi permasalahan sosial dan bencana alam. Disinilah tugas KNPI agar lebih memberikan perhatian dan kepedulian demi masyarakat," papar tokoh muda kelahiran Semarang tersebut.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang turut menyaksikan pelantikan menekankan kepada pemuda di KNPI agar lebih menguatkan sektor perekonomian, khususnya di Jawa Timur.

"Yang mendesak sekarang ini, bagaimana upaya agar jangan sampai perekonomian di kelas menengah terus dibangun, tapi bila sudah bagus dengan mudah direbut luar negeri," ujar gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo tersebut.

Selain itu, Pakde juga mengucapkan selamat kepada 172 pengurus KNPI Jatim yang baru, serta meminta kepemudaan di Jatim lebih mampu berbicara terhadap kondisi bangsa ini. (*)