Nganjuk - Tiga calon Bupati Nganjuk, mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah setempat untuk mengikuti pemilihan kepala daerah yang rencananya berlangsung pada 12 Desember 2012.

"Hari ini, ada tiga calon yang mendaftar. Dua calon dari jalur perseorangan dan satunya lagi 'incumbent'," kata Ketua KPU Kabupaten Nganjuk Juwahir di Nganjuk, Rabu.

Ia mengatakan, dua calon yang maju dari jalur perseorangan yang mendaftar itu adalah pasangan Nyono Joyo Astro dengan Syaiful Anam dan calon satunya lagi adalah pasangan Yusmanto dengan Gatot Nuhalim. Sementara, pasangan "incumbent" yang mendaftar adalah Taufiqurrahman dan Abdul Wakhid Badrus yang diusung PDIP.

Calon yang mendaftar pertama kali adalah diketahui pasangan perseorangan Nyono Joyo Astro dan Syaiful Anam. Mereka datang ke KPU Nganjuk sekitar pukul 08.00 WIB, yang juga diiringi ratusan pendukung mereka.

Sementara itu, pasangan kedua yang mendaftar adalah "incumbent" Taufiqurrahman dan Abdul Wakhid Badrus. Pasangan ini datang sekitar pukul 09.00 WIB juga diantar sejumlah pendukungnya yang di antaranya masih berseragam pegawai negeri sipil.

Pasangan ketiga yang mendaftar juga dari calon perseorangan yaitu Yusmanto dengan pasangannya, Gatot Nuhalim. Mereka mendaftar sekitar pukul 15.00 WIB dan diterima langsung oleh Ketua dan anggota KPU Nganjuk.

Saat ini jadwal pendaftaran pasangan calon yang diajukan dari partai politik atau gabungan partai politik dan calon perseorangan. Sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh KPU Nganjuk pendaftaran mulai pada 27 Agustus sampai 2 September 2012.

KPU Nganjuk juga masih memberi kesempatan kepada masing-masing pasangan yang mendaftar itu untuk melengkapi berkas sampai batas terakhir pendaftaran. Jika tidak bisa melengkapi, KPU juga bisa menetapkan calon pasangan itu tidak lulus persyaratan administrasi. (*)