Surabaya - Sebanyak 41 perwira siswa (pasis) PA PK Angkatan XIX-2012 yang terdiri dari 22 Pasis Korps Kesehatan dan 19 Pasis Korps Khusus, Rabu, mengunjungi Pasmar-1.

Kedatangan para pasis di Trian Sutedi Sena Putra, Bhumi Marinir, Karang Pilang, Surabaya itu untuk pembekalan dan pengenalan berbagai macam kendaraan tempur serta kesenjataan yang dimiliki Korps Marinir.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Aspers Pasmar-1 Kolonel Marinir Daru Sukendar, Komandan Pasmar-1 Kolonel Marinir R. Gatot Suprapto mengatakan, Pasis Dikma PK merupakan calon perwira TNI AL yang perlu mendapat pembekalan wawasan dan pengetahuan kematraan.

"Pembekalan itu untuk meningkatkan jiwa serta semangat integrasi, sekaligus sebagai sarana memantapkan sikap dan perilaku sebagai prajurit matra laut," katanya.

Selain itu, kunjungan ini merupakan salah satu metode dalam rangka peningkatan wawasan dan pemahaman prajurit matra laut secara utuh.

Dalam kunjungan tersebut, para pasis sangat antusias saat diputarkan film profil Korps Marinir yang menjelaskan mulai susunan organisasi, kesenjataan-kesenjataan yang dimiliki Korps Marinir sampai dengan kiprah prajurit Marinir dalam berbagai penugasan baik di dalam maupun di luar negeri.

Para Pasis juga diberi kesempatan melihat secara langsung berbagai macam material tempur Korps Marinir yang berada di bawah jajaran Pasmar-1.

Menanggapi pengenalan itu, seorang pasis Letda Laut (KH) Elvin Novianto S.Kom mengaku kunjungan ke Pasmar-1 merupakan kunjungan yang paling berkesan.

"Itu karena untuk pertama kalinya, saya dapat melihat berbagai macam material tempur yang belum pernah saya lihat, apalagi dapat memegang secara langsung senjata-senjata tersebut," katanya.

Dalam acara tersebut, tampak hadir pula para Komandan Satlak dan Perwira Staf di bawah jajaran Kolak/Satlak Pasmar-1. (*)