Surabaya - Dewan Pimpinan Pusat Partai Bulan Bintang (PBB) mengaku siap mendaftar sebagai salah satu peserta Pemilihan Umum 2014 dan sudah mempersiapkan segala persyaratan.

"Semuanya sudah siap. Insya Allah pada Agustus ini, atau setelah KPU membuka pendaftaran, kami akan mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu," ujar Ketua Umum DPP PBB, MS. Kaban, kepada wartawan di Surabaya, Selasa.

Ia mengatakan, persyaratan yang disiapkan bukan merupakan beban yang harus ditanggung karena partainya sudah sejak lama mengikuti proses Pemilu. Kendati jauh dari capaian memuaskan, pihaknya mengaku siap bertarung memperoleh suara terbanyak.

"Partai mana yang tidak ingin mendapatkan banyak suara. Kami sudah mempersiapkannya dan yakin masyarakat tetap memilih PBB. Kami juga akan merangkul suara-suara baru dengan strategi partai yang sudah disiapkan tentunya," kata dia.

Mantan Menteri Kehutanan era Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I tersebut mengungkapkan, usai mendaftar sebagai peserta Pemilu, pihaknya juga yakin akan lolos tahapan verifikasi dari KPU.

Sedangkan, disinggung tentang target perolehan suara? MS Kaban ingin memperoleh suara sebanyak-banyaknya atau minimal di atas enam juta suara. Hanya saja, ia masih pesimistis dengan proses penyelenggaraan Pemilu secara adil dan jujur.

"Ya, itu bukan rahasia umum. Sebenarnya kami ingin ada alat yang mendeteksi khusus penyelenggaraan Pemilu jujur," papar politisi kelahiran Binjai, Sumatera Utara, 5 Agustus 1958 tersebut.

Sementara itu, berbicara tentang perkembangan PBB di Jatim, MS Kaban mengakui kurang berkembang. Pada Pemilu 2009, dari 38 DPRD Kabupaten/Kota, hanya 17 kursi saja yang mampu diraih.

Bahkan pada kursi DPRD Provinsi Jatim, partai berlambang bulan sabit dan bintang tersebut tidak satu pun menempatkan wakilnya. Berbeda dengan dua Pemilu sebelumnya, yang mana sama-sama meraih satu kursi.

"Kami berharap Jatim bisa segera memperbaiki dan tidak putus asa membesarkan partai. Semoga dalam Pemilu 2014, perwakilan kursi di DPRD I dan II bisa bertambah," tukas MS Kaban. (*)