Surabaya - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Group menyiapkan sebanyak 148 titik akses poin internet tanpa kabel atau wifi dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur mudik Lebaran di wilayah Jawa Timur.

Executive General Manager Divisi Consumer Service Telkom area Timur Iskriono Windiarjanto kepada wartawan di Surabaya, Rabu, mengatakan akses internet wifi akan ditempatkan di 39 lokasi yang tersebar di Posko Siaga Telkomsel jalur pantai utara mulai Tuban dan jalur selatan mulai Ngawi hingga Ketapang, Banyuwangi.

"Selain di jalur pantura dan jalur selatan, akses internet wifi juga ditempatkan di pusat-pusat keramaian, seperti Bandara, terminal dan tempat wisata," katanya saat buka puasa bersama dengan jajaran Telkom Group.

Menurut Iskriono, penyiapan akses internet wifi dengan kecepatan hingga 3 Mbps bagi pelanggan dijadwalkan selesai pada 10 hari sebelum Lebaran.

"Saat berada di area jaringan wifi Telkom, pelanggan bisa aktif mengakses layanan data dengan menggunakan akun Telkomsel Flash, Flexinet atau Speedy," tambahnya.

Ia menambahkan, program layanan akses data ini merupakan sinergi jaringan Telkom Group untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan yang sedang melakukan mudik Lebaran.

General Manager Network Service Telkom Flexi Area Jatim, Bali dan Nusa Tenggara, Ketut Budi Utama, menambahkan, pihaknya menyiapkan sebanyak 1,2 juta nomor Flexi Combo untuk pelanggan.

"Jumlah nomor Combo yang kami siapkan meningkat sekitar 20 persen dibanding Lebaran tahun lalu," katanya.

Sebelumnya, Telkomsel (anak perusahaan PT Telkom) juga melakukan uji jaringan di sepanjang jalur pantura Jatim mulai Surabaya hingga Ketapang, untuk memastikan kesiapan menghadapi lonjakan trafik komunikasi saat mudik Lebaran.

Head of Resources Performance Assurance Telkomsel Jatim Danny A Triawan memprediksi, sekitar 1,5 juta pelanggan Telkomsel dari berbagai daerah akan masuk ke Jatim selama libur Lebaran dan mengakibatkan terjadinya lonjakan trafik komunikasi baik suara, SMS maupun data.

Untuk keperluan komunikasi pelanggan, Telkomsel Jatim telah mengoperasikan sebanyak 2.848 "base transceiver station" (BTS) 2G dan 833 Node-B (BTS 3G), termasuk delapan BTS satelit di daerah-daerah terpencil dan wilayah kepulauan. (*)