Surabaya - Sekolah Kesehatan Angkatan Laut (Sekesal) Pusat Pendidikan Kesehatan Kobangdikal melantik sebanyak 173 orang yang telah menyelesaikan pendidikan profesi perawat dan asisten apoteker pada 2012.

Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan Sekretaris Dinas Kesehatan Jawa Timur dr. Endang Damayanti di Gedung Moeljadi, Kesatrian Bumimoro, Kobangdikal, Surabaya, Rabu, dan dihadiri sejumlah pejabat lembaga setempat.

Dari 173 orang lulusan Sekesal tahun 2012 tersebut, sebanyak 40 siswa merupakan anggota TNI AL yang selesai melaksanakan tugas belajar Pendidikan Kesehatan Tamtama program dua tahun, terdiri atas 34 orang berprofesi perawat dan enam orang asisten apoteker.

Siswa lainnya merupakan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi (SMKF) Sekesal Surabaya.

Komandan Pusat Pendidikan Kesehatan Kobangdikal Kolonel Laut (K) IGW Asmarabawa mengemukakan bahwa lulusan terbaik untuk kategori tugas belajar diraih Kopral Dua (TTU) Imam Baidori dengan nilai rata-rata 78,16.

Untuk ujian nasional (UN) dan ujian akhir sekolah (UAS) SMK Provinsi Jatim, diraih Sisca Triwahyuningtyas Citra Dewi yang mengantongi nilai rata-rata 81,85.

"Sementara Wanda Maharani meraih prestasi sebagai peraih nilai UN SMK tertinggi ke-3 se-Surabaya dan ke-10 se-Jatim dengan nilai 38,16 atau rata-rata 9,54," katanya.

Pada kesempatan itu, Komandan Pendidikan Dukungan Umum Kobangdikal Kolonel Laut (T) M. Simbolon berharap siswa lulusan Sekesal selalu memegang teguh sumpah dan janji sebagai tenaga perawat kesehatan dan asisten apoteker dalam melayani masyarakat.

"Jadilah pengabdi masyarakat dengan memberikan pelayanan kesehatan secara profesional, ikhlas, dan mendahulukan kepentingan umum daripada pribadi," ujarnya. (*)