Surabaya - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Jawa Timur menggelar pameran foto lingkungan dengan tema "Surabayaku Bersih dan Hijau" untuk berpartisipasi memperingati Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-719 di Grand City, Surabaya, 25 Mei-2 Juni 2012.

Ketua Panitia Pelaksana Pameran Foto, M Risyal "Icank" Hidayat, di Surabaya, Kamis, mengatakan, ada sekitar 50 foto karya dua pewarta foto ANTARA Biro Jatim yakni dirinya dan Eric "Ireng" Siswanto yang akan dipamerkan.

"Mayoritas foto yang dipamerkan merupakan karya foto yang diproduksi tahun 2012, tapi ada beberapa foto yang bukan produksi tahun 2012, tetapi tema dan objeknya tetap sama tentang Surabaya," ujarnya.

Tujuan pameran, kata Icank, selain memeriahkan HJKS, juga memberi informasi pada masyarakat pentingnya melestarikan lingkungan serta memotivasi mereka untuk menjadikan lingkungan di wilayahnya masing-masing menjadi bersih dan hijau.

Adapun foto-foto tersebut mulai dari kebersihan lingkungan, taman, hutan mangrove, sungai, hutan kota, bangunan cagar budaya, pengembangan kawasan Suramadu dan aktifitas lainnya.

Selain itu, ada sejumlah foto Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terkait lingkungan, seperti halnya saat menerima Piala Adipura, menerima kunjungan Wakil Dubes Amerika di kawasan Mangrove, kegiatan bersih lingkungan, dan sejumlah kegiatan lainnya.

Acara pembukaan pameran sendiri akan dihadiri sejumlah pejabat penting, di antaranya Wagub Jatim H Saifullah Yusuf, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Hilman Thayib, Konsul Jenderal AS di Surabaya Kristen F Bauer, Humas PTN/PTS di Surabaya, pejabat Polrestabes Surabaya, DPRD Surabaya, LSM, Organisasi masyarakat, aktivis lingkungan, dan lainnya.

"Pameran tersebut rencananya dibuka oleh Wali Gubernur Jatim H Saifullah Yusufpada Jumat (25/5) siang di Grand City, sedangkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini rencananya hadir pada penutupan pameran (2/6)," kata Icank.

Selain itu, dalam pameran foto tersebut juga akan menampilkan sejumlah mitra kerja ANTARA dalam 8 stand/saung yang menampilkan produk dan karya mereka tentang lingkungan hidup.

Acara lain adalah Lomba Foto Lingkungan yang juga bertema "Surabayaku Bersih dan Hijau" untuk pelajar se-Jatim. Adapun sub tema foto untuk pelajar antara lain taman kota dan perawatannya, penanganan Pantai Timur Surabaya, Car Free Day (nggowes, senam bersama, ekspresi warga, dan sebagainya), mangrove dan kehidupan di dalamnya, dan upaya edukasi tentang lingkungan hidup.

Para nominator akan diundang untuk hadir saat pembukaan Pameran pada 25 Mei 2012. Sedangkan untuk pengumuman pemenang saat penutupan Pameran Foto 'Surabayaku Bersih dan Hijau' pada 2 Juni 2012. Hadiah lomba bagi pemenang lomba foto berupa tiga unit sepeda gunung.

Pemenang lomba, selain mendapat hadiah juga mendapat hak untuk karya mereka ikut dipamerkan sejajar dengan karya fotografer senior ANTARA.

Sementara itu, Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Jatim Akhmad Munir mengatakan digelarnya acara ini merupakan bentuk apresiasi ANTARA sebagai kantor berita nasional terhadap Kota Surabaya yang dikenal cantik, bersih dan hijau.

"Ini juga sekaligus kado bagi Kota Surabaya yang merayakan Hari Jadinya ke-719," kata Akhmad Munir yang juga Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim ini.

Menurut dia, penilaian Kota Surabaya sebagai kota bersih dan hijau tidak hanya ANTARA saja, melainkan juga para tamu baik dari luar daerah maupun luar negeri yang datang langsung ke Surabaya.

"Kesannya Surabaya luar biasa, kok bisa kota metropolitan bersih dan hijau seperti ini," ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya berharap dengan adanya pameran ini bisa menggugah kesadaran masyarakat agar bisa meningkatkan partisipasi aktifnya dalam turut memelihara dan menjaga lingkungan sekitar.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pemprov Jatim, Pemkot Surabaya, Grand City dan sponsorship lain yang ikut membantu dan dan mendukung acara ini. Semoga pameran ini bermanfaat bagi kita semua," katanya. (*)