Surabaya - Tempat wisata di Surabaya seperti Kebun Binatang Surabaya dan Pantai Kenjeran dipadati pengunjung pada hari libur bertepatan dengan Kenaikan Isa Almasih, Kamis.

Pantauan di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Jalan Setail Surabaya, meski tidak terjadi antrean di loket atau pintu masuk, namun suasana di dalam tampak ramai.

Menurut Humas KBS, Anthan Warsita, pada liburan empat hari di akhir pekan ini, tidak ada penambahan fasilitas atau hiburan khusus kepada pengunjung. Pihaknya masih mengandalkan atraksi satwa oleh petugas yang menyapa pengunjung di gelanggang atraksi.

"Atraksi satwa tetap jalan seperti biasa. Kemudian bagi pengunjung yang ingin naik gajah juga tetap ada. Kami juga melakukan sedikit perbaikan untuk membuat pengunjung aman dan nyaman," kata dia.

Diperkirakan pengunjung pada hari ini di KBS mencapai 7.000 orang. Jumlah ini diprediksi akan bertambah hingga Minggu (20/5). Anthan berani menyebut kisaran 25.000 orang yang akan mengunjungi satu-satunya kebun binatang di Kota Pahlawan tersebut.

Begitu juga di Pantai Kenjeran Surabaya. Pada hari pertama liburan panjang, diperkirakan 3.000 orang memadati lokasi wisata laut tersebut.

Kepala UPTD Tempat Hiburan Pantai Kenjeran Surabaya, Muljono memperkirakan akan ada 10.000 orang yang berkunjung hingga Minggu mendatang.

"Kami tetap menyuguhkan wisata laut mempesona. Seperti naik perahu hingga ke pulau pasir, sepeda air, hingga permainan 'out bound'. Kemudian tentu dengan wisata kuliner khas yang tidak ada di tempat lain," papar dia.

Yang berbeda, lanjut Muljono, jika beberapa bulan lalu pengunjung masih dibebaskan biaya masuk dengan alasan belum terbentuknya aturan baru dari pemerintah kota, kali ini pengunjung sudah diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang.

Sementara itu, pantauan di beberapa mal di Surabaya, pengunjung tampak padat. Seperti di Royal Plaza di Jalan Ahmad Yani Surabaya, dan Surabaya Town Square di Jalan Adityawarman Surabaya.

"Luar biasa ramainya, tidak seperti har-hari pada umumnya. Tapi saya kira wajar karena inikan hari libur, apalagi liburan panjang," tutur Esti, salah satu penjaga stan ponsel di Royal Plaza. (*)