Jember - Jumlah pendaftar seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur ujian tulis di Universitas Jember (Unej) secara "online" hingga Jumat siang tercatat sebanyak 551 siswa dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Kepala Humas dan Protokol Unej, Rokhani SP MSi, mengatakan pendaftaran SNMPTN 2012 untuk jalur ujian tertulis mulai dibuka sejak Kamis (10/5) hingga 31 Mei secara online melalui situs resmi www.snmptn.ac.id.

"Jumlah pendaftar yang memilih Unej hingga hari ini tercatat sebanyak 551 siswa, namun pendaftar yang mengikuti ujian tulis di Unej sebanyak 234 siswa dan sisanya mengikuti ujian di berbagai PTN di Indonesia," tuturnya.

Sebanyak 243 pendaftar SNMPTN Unej dengan rincian 83 siswa kelompok IPA, 84 kelompok IPC, dan sebanyak 67 kelompok IPC.

"Pada hari pertama pendaftaran SNMPTN masih sepi karena biasanya peserta membludak pada beberapa hari terakhir jelang penutupan pendaftaran SNMPTN jalur ujian tulis. Hal itu terjadi setiap tahun,"paparnya.

Menurut dia, kuota SNMPTN jalur ujian tulis Unej tahun 2012 sebanyak 2.463 siswa, sedangkan kuota SNMPTN jalur undangan sebanyak 1.250 siswa dan kuota program Bidik Misi untuk mahasiswa miskin sebanyak 500 siswa.

"Kuota SMPTN jalur ujian tulis tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu sebanyak 1.960 kursi, namun seluruh peserta harus bersaing ketat untuk memperebutkan bangku kuliah di Unej karena jumlah pendaftar diprediksi lebih banyak dibandingkan kuota yang ada," katanya menjelaskan.

Rokhani menuturkan pendaftar SNMPTN bisa menggunakan kartu peserta ujian nasional (UN) tingkat SMA/sederajat untuk mendaftar ujian SNMPTN jalur ujian tulis untuk mengantisipasi membludaknya peserta pada akhir masa pendaftaran yang berpotensi mengganggu sistem "online".

"Tata cara pendaftaran SNMPTN jalur ujian tulis tahun ini tidak banyak berbeda dengan tahun lalu yakni peserta dapat membayar biaya SNMPTN jalur ujian tulis di Bank Mandiri dengan membawa kartu identitas diri saat membayar," katanya.

Peserta harus membayar sebesar Rp150 ribu untuk kelompok ujian IPA dan IPS dengan memilih dua program studi, sedangkan kelompok ujian IPC sebesar Rp175 ribu untuk memilih tiga program studi.

Setelah melakukan pembayaran, calon peserta akan mendapatkan Personal Identification Number (PIN) dan Kode Akses Pendaftaran (KAP) yang digunakan sebagai data kunci untuk masuk ke situs SNMPTN.

Pelaksanaan tes SNMPTN jalur ujian tulis dilaksanakan pada tanggal 12 dan 13 Juni 2012, sedangkan ujian keterampilan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2012.

Sementara pengumuman hasil SNMPTN jalur ujian tulis direncanakan pada tanggal 7 Juli 2012 dan bagi yang lolos diwajibkan melakukan pembayaran di bank yang ditunjuk pada tanggal 9-13 Juli 2012 dan daftar ulang dilakukan pada tanggal 16-18 Juli 2012 di kantor Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Unej.(*)