Nunukan - Satuan Tugas (Satgas) Marinir Ambalat XIV yang menjaga sejumlah pos perbatasan di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, berolahraga bersama dengan masyarakat di pulau yang berbatas darat dan laut dengan Sabah, Malaysia.

Komandan Satgas Marinir Ambalat XIV, Kapten Marinir Suherman, Minggu, menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan menjalin silaturahmi dan mempererat persaudaraan, kebersamaan, dan soliditas dengan seluruh elemen masyarakat di perbatasan.

Pada kegiatan itu melibatkan juga unsur pemerintahan Kecamatan Sebatik Timur, Kabupaten Nunukan, aparat kepolisian POlsek Sebatik dan satgas pengamanan perbatasan (pamtas).

"Tujuan olahraga bersama ini adalah untuk menjalin hubungan erat dengan masyarakat, pemerintah dan aparat keamanan yang ada di Pulau Sebatik," katanya di Sebatik.

Melalui kegiatan itu, kata Herman, juga dimaksudkan sebagai ajang sharing (silang pendapat) dengan elemen masyarakat dan unsur dari aparat keamanan lainnya, mencari informasi dalam rangka mendukung tugas pokok, dan fungsi marinir dalam menjaga wilayah perbatasan.

Olahraga bersama yang berlangsung pada hari Minggu itu berupa sepak bola, bola voli, tenis meja, dan aerobic di Lapangan Pos Komando Taktis (Pos Kotis).

Marinir Sei Bajau, Pulau Sebatik, merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Salah satu perwira Dinas Penerangan Mabes TNI AL, Kapten Marinir Mardiono, menyatakan kegiatan itu sangat positif.

Melalui kegiatan itu, sangat direspons oleh pemerintah dan masyarakat setempat. Dan, kemungkinan akan menjadi agenda pemerintah di Pulau Sebatik dan direncanakan menjadi kegiatan rutin dan dilaksanakan secara bergilir.

"Kegiatan olahraga bersama yang digelar pertama kali oleh Satgas Marinir Ambalat XIV Pulau Sebatik itu akan dijadikan agenda oleh pemerintah kecamatan dan pelaksanaannya akan digelar setiap minggu atau sekali sebulan. Dan, pelaksananya akan digilir," ujar Mardiono usai menghadiri kegiatan itu.(*)