Surabaya - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Ade Supandi melakukan inspeksi kapal perang di Markas Koarmatim, Ujung, Surabaya, Kamis, menjelang dilakukannya serah terima jabatan pada Jumat (9/3).

Dalam inspeksi menggunakan KRI Katon 810 tersebut, Laksda TNI Ade Supandi didampingi calon penggantinya Laksda TNI Agung Pramono yang kini menjabat Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil).

Inspeksi kapal perang ("Admiral Inspection") merupakan salah satu tradisi di lingkungan TNI AL untuk memeriksa kesiapan unsur-unsur yang terakhir kalinya, sebelum tongkat estafet kepemimpinan diserahterimakan.

Tradisi ini biasanya digelar menjelang pergantian kepala staf angkatan laut (KSAL) maupun panglima komando armada, sekaligus untuk perpisahan dengan prajurit dan mengenalkan pemimpin baru.

"Sertijab Pangarmatim dilaksanakan pada Jumat (9/3) dengan dipimpin langsung KSAL Laksamana TNI Soeparno," kata Kepala Dinas Penerangan Koarmatim, Letkol Laut (P) Yayan Sugiana.

Pada kesempatan yang sama, KSAL Laksamana Soeparno juga melantik Wakil Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Laksamana Pertama TNI Sri Mohammad Darojatim sebagai Pangkolinlamil yang baru.

Sementara Laksda Ade Supandi yang baru menjabat Pangarmatim selama 185 hari, selanjutnya mendapat tugas baru sebagai Asisten Perencanaan (Asrena) KSAL di Markas Besar TNI AL.

Sebelum menginspeksi kapal perang, Pangarmatim Laksda Ade Supandi melakukan tatap muka dengan sejumlah pimpinan media massa dan wartawan yang biasa meliput kegiatan Koarmatim.

"Saya berharap kerja sama yang sudah terjalin baik antara Koarmatim dengan teman-teman media bisa terus dipelihara dan ditingkatkan," kata Ade Supandi. (*)