Probolinggo - Ny. Tantriana Hasan Aminudin siap diajukan menjadi Bakal Calon Bupati Probolinggo mennggantikan suaminya Hasan Aminudin yang bakal mengakhiri masa jabatan Bupati Probolinggo untuk periode kedua.

Pernyataan kesiapan Ny.Tantriana menjadi Bakal Calon Bupati Probolinggo periode 2012-2017 setelah suaminya Hasan Aminudin mengizinkannya karena mendapat dukungan delapan partai politik parlemen dan 16 partai politik nonparlemen.

"Ya ... Saya siap dicalonkan untuk mewujudkan cit-cita dan perjuangan masyarakat Kabupaten Probolinggo," kata Ny.Tantriana yang ditemui usai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dan 9 tahun pengabdian Hasan Aminudin di Kabupaten Probolinggo di alun-alun Kota Kraksaan, Senin (20/2).

Peringatan Maulid Nabi Muhammmad SAW, dan 9 Tahun pengabdian Hasan Aminudin juga dikemas menjadi ajang saling dukung. Sebanyak 8 partai politik parlemen, dan 16 partai politik nonparlemen yang memberikan dukungan terahadap Ny. Tantriana untuk meminta izin Buopati Probolinggo, Hasan aminudin yang bakal mengakhir masa jabatannya periode kedua.

Di akhir pidato politiknya, Bupati Probolinggo, Hasan Aminudin akhirnya juga memberikan izin terhadap istrinya Ny.Tantriana untuk dicalonkan menjadi bakal calon Bupati Probolinggo periode 2012-2017.

"Saya mengizinkan istri saya untuk diajukan menjadi bakal calon Bipati Probolinggo," kata Bupati Probolinggo, Hasan Aminudin.

Sebelumnya Hasan Aminudin juga mengungkapkan pertjalanannya selama 9 tahun memimpin Kabupaten Probolinggo. Disebutkan, selama memimpin Kabupaten Probolinggo secarta bertahab melaksanakan tiga prioritas pem,bangunan,masing-masing, pendidikan, kesehatan, dan ketahanan pangan.

Dalam program pendidikan, hasan Aminudin mengaku telah menghapus dikotomi sekolah negera dan swasta, sehingga selruh lembaga pendidikan mempunyai hak sama untuk mengembangkan diri. Jumlah PAUD di Kabupaten Probolinggo mencapai 502 lembaga atau melebihi jumlah desa di Kabupaten Probolinggo.

Di bidang kesehatan berhasil membangun Puskesmas rawat inap di 24 wilayah kecamatan di kabupaten Probolinggo, serta membangun 2 rumah sakit daerah di Tongas, dan Kraksaan yang juga mampu melayaani warga di sekitar wilayah luar Kabupaten Probolinggo.

Sementara di bidang ketahanan pangan dan perttanian, Hasan Aminudin mengaku telah bethasilmentsbilkan harga komoditas gabah, jagung, bawang, serta tembakau melalui program resi gudang.

Namun dari sekian keberhasilan tersebut Hasan Aminudin mengaku masih mempunyai pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan dalam sisa masa jabatannya. Disebutkan, dibidang pendidikan Kabupaten Probolinggo masih mempunyai cita-cita ingin mendirikan perguruan tinggi diluar bidang yang telah digarap oleh perguruan swasta yang lebih dulu ada.

Pemerintah Kabupaten Probolinggo juga masih mempunyai rencana untuk memindahkan gedung Sekretariat Pemerintah Kabupaten Probolinggo ke Kraksaan yang rencananya akan dumulai April 2012 mendatang tanpa mengganggu dana masyarakat lewat DAU.

Sedangkan di bidang infrastruktur, hampir seluruh desa di Kabupaten Probolingo telah beraspal. Seluruh desa juga telah berlistrik, tinggal hanya beberapa dusun yang belum berlistrik yang akan diatasi dengan sistem pembangkit mikro hidro.(*)