Surabaya - Komando Pengembangan dan Pendidkan Angkatan Laut (Kobangdikal) meluluskan 36 perwira dengan spesialisasi bidang senjata elektronika.

Komandan Kobangdikal Laksda TNI Sadiman menutup Pendidikan Perwira Spesialisasi Senjata Elektronika (Dikspespa Senlek) di Gedung Moeljadi, Kesatrian Bumimoro, Surabaya, Jumat.

Dikspespa Senlek yang diikuti perwira pertama dengan pangkat letnas satu hingga kapten itu, berlangsung selama tujuh bulan, lebih lama dibanding pendidikan spesialisasi perwira lainnya.

Menurut Laksda Sadiman, berakhirnya pendidikan ini bukan berarti proses belajar juga selesai, karena ini hanyalah pengetahuan dasar yang membutuhkan pengembangan dan pemantapan pendidikan di tingkat lanjutan.

"Saya yakin dengan kemampuan yang dimiliki, kalian mampu berperan sebagai perwira divisi di KRI kelas korvet maupun sigma, atau jabatan setingkat di KRI dan satuan-satuan TNI AL lainnya," katanya.

Sementara itu, Komandan Pusat Pendidikan Elektonika Letkol Laut (E) M Suhari ST mengatakan bahwa selama menjalani pendidikan, para siswa mempelajari seluruh sistem senjata, komunikasi dan elektronik yang digunakan di kapal-kapal perang TNI AL, yang praktiknya dilaksanakan di Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Surabaya.

Selain sistem senjata dan komunikasi, para siswa juga mempelajari kelistrikan dan elektronik dari berbagai macam peluru kendali yang dimiliki TNI AL, antara lain torpedo, harpon, dan ecxocet.

Hadir dalam acara penutupan itu, Wakil Komandan Kobangdikal Brigjen TNI (Mar) Prang Verry Kunto G, Komandan Komando Operasi Laut Laksma TNI Yayat Achmad Hadirat, Komandan Kodikdukum Kolonel Laut (T) M Simbolon SPi, dan Komandan Kodikmar Kolonel (Mar) Hasanudin. (*)