Surabaya - Komandan Detasemen Jalamangkara (Dandenjaka) yang merupakan detasemen anti-teror di laut diganti dalam upacara serah terima jabatan di Mako Denjaka, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin.

Informasi dari staf Penerangan Pasmar-1 kepada ANTARA di Surabaya menyebutkan pergantian komandan Denjaka yang dipimpin Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) M. Alfan Baharudin itu dilakukan dari Kolonel Marinir Suhartono kepada Kolonel Marinir Budi Purnama.

Kolonel Marinir Budi Purnama sebelumnya Asintel Dankormar, sedangkan Kolonel Marinir Suhartono selanjutnya akan menjabat sebagai Komandan Brigif-2 Marinir.

Dalam amanatnya, Komandan Korps Marinir mengatakan serah terima Komandan Detasemen Jalamangkara memiliki makna yang sangat penting dan strategis dalam rangka peningkatan kualitas organisasi sekaligus menjadi peluang dan tantangan dalam membangun reputasi dan prestasi.

"Detasemen Jalamangkara (Denjaka) sebagai komando pelaksana Korps Marinir yang berkedudukan langsung di bawah Komandan Korps Marinir merupakan satuan anti-teror aspek laut," katanya.

Dalam sejarah perkembangannya, Denjaka telah menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam melaksanakan tugas pengabdian sesuai fungsi dan tugas pokoknya dalam membina kekuatan dan kemampuan satuan Detasemen Jalamangkara guna melaksanakan operasi anti terror, sabotase dan operasi klandestein yang beraspek laut.

Oleh karena itu, Denjaka akan terus dituntut mampu menjawab tantangan dengan tingkat kesiapan yang maksimal karena bangsa ini senantiasa membutuhkan eksistensi pasukan yang memiliki kemampuan khusus.

Di sela-sela pergantian itu, Komandan Korps Marinir juga manyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kolonel Marinir Suhartono atas pengabdian serta dedikasi yang tulus dalam memimpin dan memajukan Denjaka.

Kepada Kolonel Marinir Budi Purnama, Dankormar juga mengucapkan selamat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh Korps Marinir dan TNI-AL sebagai Komandan Detasemen Jalamangkara yang baru.

"Saya berharap Kolonel dapat mengemban kepercayaan dan kehormatan ini dengan penuh rasa tanggung jawab, saya yakin dan percaya dengan berbekal pengalaman, penugasan dan pengetahuan yang dimiliki, saudara akan mampu memimpin Detasemen Jalamangkara untuk menjawab berbagai tantangan tugas yang diemban," katanya.

Acara serah terima jabatan tersebut dihadiri Danpasmar-2 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Sturman Panjaitan, Para Pejabat Teras Kormar, Para Dankolak/Satlak di jajaran Pasmar-2, Ketua Gabungan Jalasenasteri Korps Marinir Ibu Nita Alfan Baharudin, dan sebagainya. (*)