Sidoarjo - Bupati Sidoarjo Saiful Ilah meletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan sekolah menengah pertama (SMP) Insan Cendikia Mandiri, Desa Sarirogo, Kecamatan Kota Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Sabtu.

"Kami berharap, dengan adanya pembangunan sekolah ini diharapkan bisa membangun siswa siswi yang religius, ilmiah dan komitmen yang kuat terhadap bangsa dan negara untuk bisa lebih maju lagi dari yang ada sekarang ini," katanya.

Ia mengemukakan, niat baik pembangunan ini harus segera direalisasikan karena segala sesuatu perbuatan itu harus diawali dengan niat termasuk adanya pembangun sekolah ini juga diawali dengan niat yang baik pula.

"Kami melihat, upaya pembangunan sekolah ini mampu memberikan kontribusi positif demi terbentuknya generasi muda yang berpendidikan dan berbasis pada keagamaan seperi yang ada saat ini," katanya.

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan Yatim Mandiri, Nur Hidayat selaku pengelola sekolah Insan Cendikia Mandiri mengatakan, program pembuatan sekolah ini sudah lama diimpikan dan sekarang ini baru bisa terlaksana proses pembangunannya.

"Target kami pembangunan sekolah ini bisa diselesaikan pada bulan Juli mendatang supaya bisa digunakan untuk menampung para siswa dalam melanjutkan tahun ajaran baru mendatang," katanya.

Ia mengatakan, selain mendirikan sekolah tingkat pertama SMP, dirinya juga membangun sekolah tingkat atas atau SMA pada lokasi yang sama di Sidoarjo dengan total biaya pembangunan diserahkan pada donatur yayasan Yatim Mandiri.

"Sekolah ini nantinya gratis, karena biaya sekolahnya ditanggung oleh para donatur dan dipergunakan oleh anak-anak yatim Dhuafa yang berprestasi mulai dari tingkat SMP dan juga SMA," katanya.

Hingga saat ini, kata dia, jumlah donatur yang sudah ada sebanyak 101.171 donatur yang tersebar di seluruh Indonesia di antaranya berasal dari Surabaya, Jakarta, Malang, Gresik, Sidoarjo, Tuban, Pasuruan dan juga beberapa kota lain di Indonesia.

Selain melakukan peletakkan batu pertama, Bupati Sidoarjo juga menyerahkan secara simbolis bantuan beasiswa kepada para siswa yang ada di bawah naungan Yayasan Yatim Mandiri.

Bupati Sidoarjo juga melakukan pemasangan puzzle berbentuk sekolahan bersama dengan para siswa penerima beasiswa sebagai bentuk harapan dari proses pembangunan sekolah nanti.(*)