Malang - Jadwal keberangkatan Kereta Api (KA) Eksekutif Gajayana jurusan Malang-Jakarta dimajukan dari semula pukul 16.30 WIB menjadi 13.45 WIB dari Stasiun Kota Baru, Malang, Jawa Timur.

Kepala Stasiun Kota Baru, Ali Afandi, Sabtu mengatakan, perubahan jadwal KA Eksekutif Gajayana yang dilakukan pada pertengahan Januari 2012 ini, menyusul perubahan jadwal KA lainnya yang sudah dilakukan sejak Desember 2012.

Ali mengatakan, tujuan perubahan jadwal untuk KA Gajayana untuk menyesuaikan permintaan penumpang, sebab penumpang tidak ingin mengalami keterlambatan kerja ketika sampai di Jakarta.

"Awalnya, para penumpang yang menggunakan KA Gajayana biasanya tiba di Jakarta pukul 07.30 WIB, namun memasuki pertengahan Januari 2012 ini, penumpang bisa tiba lebih awal, yakni pukul 04.50 WIB, sebab pemberangkatannya dimajukan 3 jam lebih awal dari semula," paparnya.

Dengan adanya perubahan jadwal KA Gajayana, Ali mengharapkan penumpang bisa memaksimalkan waktu yang ada, sehingga tidak mengalami keterlambatan kerja ketika tiba di Jakarta.

"Dengan kebijakan ini, para penumpang yang memiliki rutinitas bekerja di Jakarta tidak akan lagi mengalami keterlambatan jam bekerja, karena masih memiliki waktu untuk persiapan berangkat kerja," ucapnya.

Sebelumnya, perubahan keberangkatan KA dari Stasiun Kota Baru yang dilakukan sejak Desember 2011, hanya diperuntukan untuk KA Senja Utama jurusan Malang-Jakarta yang semula berangkat pukul 13.50 WIB menjadi lebih awal 13.25 WIB.

Selain itu, juga dilakukan untuk KA Matarmaja jurusan Malang-Jakarta dari sebelumnya berangkat pukul 15.00 WIB maju menjadi pukul 14.50 WIB.

Humas Daop VIII PT KA Sri Winarto, mengatakan perubahan jadwal KA yang dilakukan sejak Desember 2011 bertujuan untuk kepentingan keselamatan dan keamanan perjalanan KA, selain itu untuk memudahkan pengaturan perjalanan KA.(*)