Surabaya - Komandan Batalyon Taifib-1 (Danyontaifib-1) Marinir Letkol Marinir Bambang Wahyuono diganti oleh Mayor Marinir Edy Cahyanto dalam upacara serah terima jabatan di lapangan Apel Yontaifib-1 Marinir, Karang Pilang, Surabaya, Rabu.

Dalam upacara sertijab yang dipimpin Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) A. Faridz Washington itu, Mayor Marinir Edy Cahyanto yang sebelumnya Pamen Pasmar-2 (Mantan Dik Reg Seskoal XLIX/2011di Jakarta) itu menggantikan Letkol Marinir Bambang Wahyuono yang menjabat sebagai Wadan Denjaka.

"Yontaifib-1 Marinir merupakan komando pelaksana Pasmar-1 dengan tugas pokok menyiapkan personel dan materialnya sebagai pasukan khusus, baik dalam operasi pendaratan amfibi, operasi oleh satgas TNI AL maupun operasi oleh satgas TNI," kata Komandan Pasmar-1 dalam amanatnya.

Menurut dia, tugas pokok itu harus dilaksanakan setiap saat agar terjamin dan muncul keyakinan akan terpeliharanya kemampuan sebagai pasukan Trimedia, karena kemampuan ini akan senantiasa digunakan baik dalam operasi tempur, kegiatan SAR maupun sebagai unsur demo "show of force".

"Untuk mendapatkan prajurit yang profesional dan berkualitas, baik secara fisik maupun nonfisik, tentunya mekanisme pelaksanaan latihan dengan segala aspeknya harus dapat dilaksanakan secara tepat dan terukur serta dapat dipertanggungjawabkan," katanya.

Oleh karena itu, Yontaifib-1 Marinir mengemban tugas yang cukup berat dan mengandung risiko yang tinggi, sehingga sangat dibutuhkan sinergitas, kerja keras, kerja cerdas, inovasi serta dedikasi yang tinggi dalam melaksanakan berbagai latihan.

Acara serah terima jabatan tersebut dihadiri antara lain para Asisten Kaspasmar-1, Dankolak/Satlak Pasmar-1, dan para pejabat teras di lingkungan Pasmar-1. (*)