Surabaya - Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia Provinsi Jawa Timur berharap empat atletnya yang memperkuat kontingen "Merah Putih" pada SEA Games 2011, mampu menyumbangkan medali emas.

Ketua Umum Pengprov IPSI Jatim Rasiyo kepada wartawan di Surabaya, Minggu, mengatakan, empat atlet yang berlaga di SEA Games itu, merupakan atlet terbaik yang dimiliki Jatim dan disiapkan untuk PON 2012 di Riau.

"Kami berharap mereka bisa memberikan yang terbaik buat bangsa Indonesia," katanya setelah membuka Rapat Kerja Provinsi IPSI Jatim.

Empat atlet Jatim yang kini berada di Pelatnas adalah Hamdani, Mohammad Yusuf, Pranoto, dan Romdhon. Sebenarnya ada satu lagi yakni Herihono, tetapi dia tergusur dari Pelatnas karena kalah bersaing.

"Kelas yang diikuti Herihono sama dengan adiknya Pranoto dan dia memilih mengalah untuk memberi kesempatan adiknya berlaga di SEA Games. Sekarang, dia fokus berlatih di Puslatda untuk persiapan PON," kata Rasiyo.

Didampingi Ketua Harian IPSI Jatim Supratomo, ia menambahkan, sebagai salah satu barometer olahraga pencak silat di Tanah Air, Jatim terus berupaya meningkatkan program pembinaan untuk mencetak bibit-bibit pesilat baru yang handal.

Selain kejuaraan daerah yang menjadi agenda rutin, IPSI Jatim juga berencana menggelar kejuaraan pencak silat antarpelajar pada pertengahan November 2011.

Bahkan, Pengprov IPSI Jatim sedang menyelesaikan Padepokan Pencak Silat sebagai tempat penggemblengan para atlet.

"Kejuaraan antarpelajar juga menjadi salah satu sarana untuk menjaring bibit atlet dari sekolah-sekolah," tambahnya.

Supratomo menambahkan, pihaknya tidak terlalu kecewa dengan terdepaknya Herihono dari Pelatnas SEA Games, meskipun secara kualitas dia masih sangat layak bergabung.

"Tapi, kualitas empat pesilat Jatim yang sekarang di Pelatnas juga tidak kalah bagusnya. Kami yakin mereka bisa menyumbangkan medali emas untuk Indonesia," ujarnya.

Pencak silat menjadi salah satu cabang olahraga yang diandalkan tuan rumah Indonesia untuk mendulang emas SEA Games dengan target dari KONI Pusat sebanyak tujuh medali emas. (*)