Surabaya - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat menargetkan 18 persen suara di Jawa Timur pada Pemilihan Umum Legislatif 2014.

"Di Jatim, suara Partai Demokrat harus lebih dari 18 persen. Provinsi ini sangat penting dan menjadi wilayah yang paling diandalkan dalam pendulangan suara," kata Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum di sela-sela Rakorda DPD Partai Demokrat Jatim di Surabaya, Rabu.

Dikatakannya, sesuai mandat Kongres II Partai Demokrat di Bandung, bahwa target nasional yang dicanangkan yakni 30 persen suara di Pemilu 2014. Ia berharap, 18 persen diantaranya bisa diraih di Jatim.

"Saya optimis capaian target itu terlampaui, apalagi DPD Partai Demokrat Jatim dipimpin Pakde Karwo (Gubernur Jatim)," tutur politisi muda kelahiran Blitar tersebut.

Di hadapan peserta Rakorda yang terdiri dari ketua, sekretaris, dan ketua bidang OKK DPC Partai Demokrat se-Jatim, Anas Urbaningrum mengingatkan kepada kadernya agar semakin bekerja keras dalam melaksanakan tugasnya sebagai pemimpin.

Menurut Anas, pada Pemilu 2014 Partai Demokrat mengakui perjuangan meraih hasil terbaik akan semakin sulit karena iklim politik yang saat ini tengah menghangat.

Selain itu, tidak adanya sosok Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai calon presiden periode mendatang karena sudah habis masa jabatannya membuat partai berwarna kebesaran biru-biru tersebut harus berjuang lebih keras meraih simpati masyarakat.

"Tapi hal itu bukan menjadi penghambat, namun justru pelecut dan semangat bagi pengurus agar semakin tertantang membesarkan partai. Caranya antara lain dengan terus melakukan perbaikan kinerja dan perbaikan citra agar dapat memenuhi harapan rakyat," tutur mantan Ketua Umum PB HMI tersebut.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo mengaku optimis bisa mencapai target yang dicanangkan pusat. Menurut dia, penguatan anggota dari basis tingkat bawah atau ranting sangat diperlukan untuk menjaga jaringan.

"Penguatan di tingkat ranting harus lebih ditingkatkan dan ditajamkan. Sebab di sana lah ujung tombak partai. Kami harap semua jajaran pengurus mulai tingkat ranting, cabang, daerah, hingga pusat rajin berkoordinasi dan bekerja sama," kata pria yang juga Gubernur Jatim itu.