Batu - Kejuaraan balap sepeda "Unifikasi Komunitas Downhill Indonesia " (UKDI) Djarum 76 seri 2011 yang berlangsung di Bukit Klemuk, Songgoriti, Kota Batu, Jawa Timur, Jumat dihentikan karena ada satu peserta yang tewas.

Ketua Panitia Kejuaraan Parama Nugroho mengakui bahwa dihentikannya kejuaraan itu untuk menghargai salah satu peserta yang tewas dalam sesi latihan pada Jumat siang, saat melalui lintasan (marshall) ke 11 dan 12.

"Saat ini kami hentikan dahulu kejuaraaan balap sepeda ini, guna menghargai salah satu peserta yang meninggal dalam sesi latihan, dan mudah-mudahan tidak terjadi lagi kecelakaan yang menewasakan peserta," katanya.

Parama mengatakan, tewasnya peserta atas nama Hery Budiono (51) warga Jalan Ahmad Yani, Blimbing 104, Kota Malang, membuat dirinya dan peserta lain terpukul, sebab kejadian itu tidak pernah ada selama kejuaraan.

"Ini baru pertama kali ada peserta yang tewas dalam kejuaraan balap sepeda Donwhill, dan kami harapkan ini juga yang terakhir, sehingga tidak terjadi lagi kedepannya," kata Parama.

Pramana menjelaskan, dalam kejuaraan balap sepeda itu, seluruh peserta telah memenuhi prosedur keamanan, termasuk menggunakan pelapis tubuh dan pelindung kepala.

Namun, Pramana menduga, tewasnya Hery itu akibat leher korban patah terkena benturan keras saat terjatuh ke jurang Bukit Klemuk.

Pramana mengakui, dalam setiap kejuaraan balap sepeda, belum ada yang menerapkan standar keamanan dengan memberi perlindungan leher pada pembalap, sehingga rawan patah dan terkena benturan.

"Perlindungan leher terhadap pembalap memang belum ada, baik di kejuaraan skala nasional atau internasional, dan sifatnya masih disarankan memakai serta belum kewajiban," katanya.

Sementara itu, penghentian kejuaraan diakui Pramana telah dikordinasikan dengan peserta lain, sehingga tidak merugikan sejumlah peserta yang telah mendaftar sebelumnya.

Terkait kapan kejuaraan akan kembali dilanjutkan, Pramana belum bisa memastikan, sebab masih menunggu hasil koordinasi selanjutnya.

Kejuaraan Djarum 76 Dowhnhill UKDI seri 2011, rencananya digelar mulai tanggal 16 hingga 18 September 2011 di Bukit Klemuk, Kota Batu, dengan memilih tiga pemenang.