Kediri - Warga di Kota Blitar, Jawa Timur, ramai menjual perhiasan emas miliknya ke sejumlah toko emas untuk persiapan Lebaran 1432 Hijriah.

Ninis, salah seorang warga yang menjual cincin miliknya mengaku kebutuhan Lebaran lebih tinggi daripada hari biasa. Selain untuk keperluan membeli kebutuhan, ia saat ini juga belum membutuhkan.

"Buat beli keperluan Lebaran, bahan pokok, baju anak-anak, makanan, dan beberapa kebutuhan lainnya," kata Ninis, Senin.

Beberapa warga yang hendak menjual emas ramai memadati toko. Salah satunya di Jalan Merdeka, Kota Blitar. Sejak pagi, warga sudah antre memenuhi toko-toko emas di sepanjang jalan itu.

Sujarwo, salah seorang pemilik salah satu toko emas yang ada di Jalan Merdeka itu mengatakan transaksi perhiasan emas di tokonya naik hingga 50 persen jika dibandingkan hari-hari biasa.

"Ada yang beli, tapi lebih banyak yang jual kembali. Mungkin, untuk persiapan Lebaran yang tidak ada tiga pekan ini," ucapnya, menduga.

Ia menyebut, harga emas dengan kadar 99,99 persen dijual dengan harga Rp500 ribu per gram, sementara emas yang kadarnya 97 persen dijual dengan harga Rp480 ribu per gram.

Sementara itu, untuk harga emas dengan kadar 75 persen dijual dengan harga Rp360 ribu per gram, dan yang kadarnya 70 persen harganya mencapai Rp350 ribu per gram.

Pihaknya memperkirakan, harga emas akan terus naik hingga mendekati Lebaran 1432 Hijiriah. Kenaikan itu juga dipicu harga emas dunia yang naik. Saat ini, harga emas dunia mencapai 1.800 dolar AS per ons, diperkirakan bisa naik hingga 2.000 dolar AS.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Kota (Polresta) Blitar, Aiptu Nanik Suryana mengatakan pihaknya akan memperketat penjagaan di setiap lokasi keramaian, termasuk di toko emas.

"Kami masih rapatkan tentang penjagaan, termasuk rencana penambahan personel. Tapi, kami akan perketat penjagaan," kata Aiptu Nanik.

Pihaknya tidak ingin kecolongan, hingga terjadi tindak kriminal seperti pencurian di toko emas. Ia berharap, pada Lebaran tahun ini, angka tindak kriminal juga turun. Untuk itu, pihaknya segera koordinasi menerjunkan petugas untuk pengamanan Lebaran.