Jember - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jember, Jawa Timur, menerima sebanyak 1.800 paspor haji yang selesai diproses dari Kantor Imigrasi setempat.

"Hampir 80 persen paspor haji di Jember sudah tuntas, sedangkan sisanya masih dalam proses di Kantor Imigrasi Jember," kata Kepala Seksi (Kasi) Haji dan Umroh Kemenag Jember, M. Muslikh, Sabtu.

Kuota calon haji Kabupaten Jember tahun 2011 sebanyak 2.242 orang, meningkat dibandingkan tahun 2010 sebanyak 1.962 orang dan kuota haji tahun 2009 sebanyak 1.923 orang.

"Jember menduduki peringkat ketiga calon haji terbanyak tahun 2011, setelah Kota Surabaya (3.386 orang) dan Sidoarjo (2.537 orang). Hampir tiap tahun jumlah calon haji Jember selalu meningkat," tuturnya.

Menurut dia, seluruh jamaah calon haji Jember sudah menyerahkan berkas persyaratan untuk membuat paspor haji karena proses pembuatan paspor dipercepat.

"Pemberkasan syarat-syarat paspor calon haji sudah diserahkan ke Kantor Imigrasi Jember, jauh-jauh hari sebelum ada penetapan resmi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) yang hingga kini belum ditetapkan oleh pemerintah," tuturnya menjelaskan.

Biasanya calon haji baru bisa memproses paspor, setelah mereka melunasi BPIH, namun pembuatan paspor haji tahun 2011 dilaksanakan terlebih dulu, sebelum pelunasan BPIH untuk mengantisipasi molornya penetapan BPIH.

"Molornya penetapan BPIH dapat berdampak pada keterlambatan jadwal pelunasan dan rangkaian kegiatan calon haji di daerah. Mudah-mudahan peraturan presiden (Perpres) tentang BPIH segera turun,"katanya.

Ia menjelaskan, sejumlah petugas di Kemenag Jember terpaksa harus bekerja lembur untuk memilah-milah paspor haji sesuai dengan perbankan masing-masing, selanjutnya akan dikirim ke Kanwil Kemenag Jatim.

"Kami mengirim paspor haji itu secara bertahap. Sebanyak 920 paspor sudah dikirim beberapa hari lalu, sedangkan minggu ini akan dikirim lagi sebanyak 600 paspor," katanya, menambahkan.

Muslikh optimistis bahwa proses paspor haji di Kabupaten Jember sebanyak 2.242 paspor tuntas pada pertengahan Ramadhan 1432 Hijriah.