Jember - Sebanyak lima juri menilai kreativitas dan keunikan kostum peserta Jember Fashion Carnaval (JFC) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa.

Salah seorang juri senior JFC, Enny Ayunir, mengatakan para juri akan menilai keaslian ide kostum sesuai dengan tema yang sudah ditentukan, kreativitas peserta dalam membuat kostum, "make up" peserta, dan daya pakai kostum yang digunakan.

"Para peserta harus menampilkan kostum semenarik mungkin dengan ide yang unik sesuai tema karena masing-masing defile memiliki ciri khas tertentu," tuturnya.

Lima juri yang menilai ratusan peserta JFC adalah Enny Ayunir (tim kreatif JFC), Dian Suryani (juri tamu dari sekolah mode Esmod, Jakarta) dan tiga alumnus peserta JFC yang mendapat JFC Award beberapa tahun lalu yakni Eko Purwanto, Intan Ayunda Vira, dan Adin.

Menurut Enny, juri akan menilai hal-hal kecil seperti pernak-pernik kostum yang digunakan peserta dan keunikan dari kostum yang dirancang sendiri oleh peserta JFC.

"Memang sedikit agak sulit untuk memberikan penilaian karena semua peserta menampilkan kostum terbaik di masing-masing defile, namun para juri akan mencari peserta terbaik dalam beberapa kategori penilaian," papar alumnus sekolah mode Esmod Paris itu.

Sebanyak 600 peserta JFC akan memperebutkan JFC Award, Special Award, Best Costume, Unique Costume, dan Best Performance untuk mendapatkan beasiswa masuk sekolah mode Esmod, Jakarta.

Orisinalitas dalam berkreasi membuat kostum, lanjut dia, sangat menentukan penilaian juri, sehingga peserta diharapkan tidak menjiplak ide kostum peserta JFC tahun lalu.

Sementara salah seorang peserta defile Bali, Erfan Adi Wijaya, mengaku optimistis bisa meraih salah satu kategori penghargaan JFC karena menampilkan kostum burung garuda yang menjadi kendaraan Dewa Wisnu.

"Saya berusaha menampilkan yang terbaik dalam ajang JFC X, bahkan beberapa pernak-pernik kostum dibeli langsung dari Pulau Bali," ucap peserta asal Kabupaten Bondowoso itu.

Ajang parade busana unik dengan "catwalk" sepanjang 3,6 kilometer dalam JFC X akan digelar 24 Juli 2011 di Kabupaten Jember, dengan menampilkan defile terbaik dari JFC I hingga JFC IX dengan tema utama "Eyes On Triumph" yakni defile Royal Kingdom, Punk, India, Athena, Tsunami, Bali, Borneo, Roots, Animal Plant, dan Butterfly.