Surabaya - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Kepolisian Daerah Jawa Timur, Jumat membekuk Romli (28), "otak" perampokan toko emas MS Jaya di Pasar Desa Nogosari, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang, Senin (11/7).

"Kami menurunkan tim Reserse Mobil (Resmob) untuk mendukung jajaran kewilayahan guna mengatasi kasus kejahatan jalanan yang menjadi atensi Kapolda Jatim Irjen Pol Hadiatmoko itu," kata Direskrimum Kombes Pol Agus Kurniadi Sutisna kepada ANTARA di Surabaya, Jumat.

Ia menjelaskan, Romli yang berasal dari Kecamatan Tanggul, Jember itu ditangkap di Kecamatan Umbulsari, Jember, Jumat siang. Tersangka beserta barang bukti sebanyak 2,5 kilogram emas diserahkan ke Polres Lumajang untuk menjalani pemeriksaan.

"Romli adalah pemimpin dari sindikat perampok emas yang beranggotakan delapan orang itu. Tersangka yang selalu bersenjata api itu merupakan 'otak' dan perencana dari aksi perampokan emas di toko milik Haji Fauzi (50) itu," katanya.

Menurut dia, tertangkapnya Romli itu berarti pihaknya sudah menangkap enam tersangka yang seorang di antaranya ditembak mati, sehingga tinggal dua tersangka lagi yang gerak-geriknya kini sudah "disekat" pada beberapa titik di Jember dan Lumajang.