Malang - Cabang olahraga angkat besi menjadi andalan kontingen Kota Malang dalam perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) III Jatim yang digelar di Kediri mulai 15-22 Juli 2011.

Wakil Ketua Umum IV KONI Kota Malang Nono Suhertono, Jumat mengatakan, dari sekian banyak cabang olahraga yang diharapkan mendulang medali emas, angkat besi menjadi tumpuan perolehan medali yang paling banyak, yakni 8 medali.

"Sebenarnya banyak cabang olahraga yang menjadi unggulan untuk meraih medali emas, namun cabang olahraga angkat besi ini yang paling banyak," ujarnya menambahkan.

Selain angkat besi, cabang olahraga yang menjadi unggulan Kota Malang adalah renang, balap sepeda, atletik, taekwondo, bilyard, karate, kempo, selam, dan pencak silat serta bulu tangkis.

Menyinggung bonus bagi atlet yang mempersembahkan medali emas, Nono mengatakan, pasti ada dan nominalnya juga bervariasi antara cabang olahraga perorangan dan beregu.

Tidak hanya atlet, katanya, para pelatih yang anak asuhnya meraih medali juga akan mendapatkan bonus tersendiri termasuk jika nantinya ada atlet yang memecahkan rekor baru.

Untuk peraih medali emas akan mendapatkan bonus sebesar Rp15 juta, perak sebesar Rp7,5 juta dan perunggu sebesar Rp2 juta. Sedangkan untuk pelatih, anak asuhnya yang mendapat medali emas sebesar Rp7,5 juta, perak Rp3 juta dan perunggu sebesar Rp2 juta.

Sementara untuk cabang olahraga beregu yang mendapatkan medali total bonus seluruhnya disiapkan sebesar Rp150 juta.

Prediksi perolehan medali kontingen Kota Malang dalam Porprov III Jatim sebanyak 171 medali dengan perincian emas sebanyak 57 medali, perak 61 medali dan perunggu 53 medali.

Sedangkan skor (nilai) yang ingin dicapai sebanyak 403 dengan perincian nilai medali emas 228, perak 122 dan perunggu 53.