Irwasum Tinjau "Command Center" Polrestabes Surabaya

id irwasum, polri, command, center, polrestabes, surabaya

Irwasum Polri Komjen Pol Dwi Priyatno (kanan) menyempatkan meninjau ruang tahanan dalam kunjungannya ke Polrestabes Surabaya, Jumat (20/10). (Antara Jatim/ Didik Suhartono)

Surabaya (Antara Jatim) - Inspektorat Pengawas Umum (Irwasum) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Komisaris Jenderal Polisi Dwi Priyatno meninjau operasional "Command Center" Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya, Jumat. 

"Ini suatu terobosan yang kreatif," ujarnya kepada wartawan di Polrestabes Surabaya saat menyaksikan berbagai titik jalan raya Kota Surabaya yang semuanya terpantau melalui layar di "Command Center" Polrestabes Surabaya.

Dia mengatakan inovasi Command Center yang dikembangkan Polrestabes Surabaya pada prinsipnya untuk memudahkan operasional kepolisian yang mempunyai tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan masyarakat.
     
Dengan begitu, dia menilai, Polrestabes Surabaya telah menerapkan program "PROMOTER" yang selalu ditekankan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, yaitu Profesional, Modern dan Terpercaya.

"Command Center" Polrestabes Surabaya, lanjut dia, telah meningkatkan kinerja Polri dengan memanfaatkan Teknologi Informasi yang berujung pada peningkatan kepercayaan masyarakat. 

"Ini profesional. Bisa mengeliminir keluhan-keluhan masyarakat, kemudian juga modernisasi dengan teknologi informasi dan sebagainya. Memang harus selalu dikembangkan untuk memudahkan tugas-tugas anggota kepolisian di lapangan," ujarnya.

Dengan fasilitas "Command Center", dia berharap petugas Polrestabes Surabaya dapat cepat turun ke lokasi menangani berbagai kejadian, baik kecelakaan maupun kejahatan jalanan, setelah memantau melalui kamera "Closed Circuit Television" (CCTV) yang telah tersebar di titik-titik lalu lintas Kota Surabaya.

"Di situlah diharapkan kecepatan anggota Polrestabes Surabaya untuk cepat melayani masyarakat datang ke tempat kejadian perkara, termasuk juga untuk melakukan pencegahan," katanya.

Irwasum lebih lanjut berpesan kepada Kepala Polrestabes Surabaya Komisaris Besar Polisi Muhammad Iqbal agar mampu menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di kota terbesar kedua se- Indonesia ini.

Sampai saat ini, dia menambahkan, rapor Polrestabes Surabaya masih menunjukkan angka memuaskan. "Prestasi Polrestabes Surabaya sampai sekarang masih cukup bagus, angka-angkanya juga masih terkendali," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Chandra Hamdani Noer
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar