Rabu, 18 Oktober 2017

Menikmati Pesona "Bukit Cinta" di Pamekasan

id Bukit Cinta Pamekasan
Menikmati Pesona
Bukit Cinta Pamekasan, salah satu objek wisata "Edu Wisata" di Kelurahan Lawangan Daja, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, Madura, Jawa Timur. (Abd Aziz)
Jika anda berkunjung ke Pamekasan, Jawa Timur, kurang lengkap rasanya kalau belum menikmati tempat rekreasi "Bukit Cinta", yakni bukit buatan berbentuk hati di lokasi tempat wisata "Selamat Pagi Madura/SPM".

Objek wisata keluarga ini terletak di Kelurahan Lawangan Daja, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, sekitar 2 kilometer ke arah timur laut Kota Pamekasan.

Selamat pagi madura (SPM) merupakan tempat wisata buatan (non-alami) yang dikelola oleh pihak swasta di Kabupaten Pamekasan, Madura.

Pemberian nama SPM sendiri terinspirasi oleh tayangan Selamat Pagi Indonesia, sehingga pengelola memberikan nama Selammat Pagi Madura atau yang lebih dikenal SPM Bukit Cinta.

Awal mula pembangunan tempat wisata SPM karena di Pamekasan sangat minim tempat wisata dan kebanyakan tempat wisata berada di Kabupaten Sumenep.

Sehingga Pengelola berinisiatif menciptakan tempat wisata bernuansa Eduwisata, di mana pengunjung bisa belajar sambil bermain.

Pengunjung juga dapat menikmati beberapa wahana seperti kolam renang anak, kolam ikan, "flaying fox", becak mini, permainan berkuda, panahan, lalu kafe yang menyediakan makanan khas Pamekasan serta mushalla dengan "design" yang sangat unik dan menarik.

"Sarana kebun binatang mini, danau 'love' dan kolam renang dewasa terpisah antara pria dan wanita, merupakan pengembangan untuk menambah minat dan daya tarik masyarakat berkunjung kesini," tutur Direktur SPM Harisandi Savara.

Salah satu Ikon SPM yang menarik perhatian pengunjung adalah Bukit Cinta. Di mana bukit cinta sendiri merupakan buatan manusia karena tanah, di area SPM memiliki kuntur tanah yang datar sehingga pengelola harus mempunyai inovasi untuk menarik minat pengunjung dengan rasa penasaran tentang Bukit Cinta.

Tiket masuk yang ditawarkan cukup terjangkau bagi semua kalangan, cukup dengan membayar Rp20.000 pengunjung sudah bisa menikmati wahana yang ada di SPM, kecuali anak-anak yang mempunyai tinggi badan dibawah 70 cm dapat masuk ke SPM secara gratis. 

Objek wisata ini, tergolong objek wisata baru di Kabupaten Pamekasan. Namun demikian, objek wisata ini, tergolong ebjek wisata yang paling digemari oleh masyarakat Pamekasan, karena konsep pengelolaan terpadu antara tempat hiburan dengan pendidikan secara terpadu, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar untuk menghabiskan liburan di lokasi ini. 

Nuasan alam yang nampak seperti alami menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Pamekasan dan Madura pada umumnya untuk datang ke objek wisata ini. (*)

Editor: Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0695 seconds memory usage: 0.59 MB