Rabu, 18 Oktober 2017

Sidoarjo Siapkan "Rumah Sidoarjo" Menuju "Smart City"

id Pemkab Sidoarjo, Smart City, Rumah Sidoarjo
Sidoarjo Siapkan
Pelaksanaan Bimtek menuju Sidoarjo "Smart City", Kamis (28/9) (ist)
Sidoarjo (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, menyiapkan aplikasi "Rumah Sidoarjo" untuk menuju Kabupaten Sidoarjo "Smart City" menyusul rencana mengintegrasikan aplikasi yang sudah ada demi kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo Djoko Sartono yang juga Ketua Dewan Smart City Kabupaten Sidoarjo di Sidoarjo, Kamis, mengatakan, pada bimbingan teknis yang ketiga ini diharapkan untuk fokus pengintegrasian aplikasi "Rumah Sidoarjo" sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh tenaga ahli Kemenkominfo RI.

"Saya harap peserta bintek bisa menyelesaikan dan merumuskan bersama serta mengintegrasikan aplikasi-aplikasi yang selama ini sudah diterapkan pada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tujuannya supaya masyarakat tidak kesulitan dalam menggunakan aplikasi, maksudnya lebih disederhanakan lagi cukup menjadi satu aplikasi saja tapi bisa untuk semua layanan," katanya saat membuka bimbingan teknis penyusunan "master plan" Sidoarjo menuju "Smart City".

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sidoarjo Siswojo bersama dengan jajarannya sudah menyiapkan aplikasi yang dinamakan "Rumah Sidoarjo".

"Seluruh aplikasi yang sudah ada seperti aplikasi layanan masyarakat ditingkat kecamatan yakni Berkas Mlaku Dewe (BMW), Sistem Pelayanan Perizinan Terpadu (SIPPADU), SIAP Tarik (Sistem Antrian Puskesmas Tarik), SIGAP (Sidoarjo Tanggap) serta aplikasi inovasi milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD Sidoarjo) akan diintegrasikan menjadi satu aplikasi," ujarnya.

Ia mengatakakan, seluruh aplikasi yang sudah ada nantinya akan diintegrasikan menjadi aplikasi "E-Gov" atau Smart E-Gov.

"Yakni cukup satu aplikasi saja yang didalamnya memuat berbagai aplikasi layanan milik pemkab Sidoarjo, Dinas Kominfo sudah menyiapkannya dan sementara aplikasi ini kami namakan `Rumah Sidoarjo`," ujarnya.

Ia mengatakan, ke depan masyarakat tinggal mengunduh saja aplikasi "Rumah Sidoarjo" di telepon pintar mereka, kemudian tinggal memilih aplikasi di dalamnya sesuai dengan kebutuhan, ada layanan RSUD, Pusekemas, layanan kantor kecamatan, layanan perizinan dan juga laporan pengaduan.(*)

Editor: Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0099 seconds memory usage: 0.57 MB