Selasa, 17 Oktober 2017

Dishub Luncurkan "Jember Digital Transportation and Information" (Video)

id jember transportation, jember transportasi dan informasi digital, JDTI, Jember Digital Transportation
Dishub Luncurkan
Bupati Jember Faida naik "lin" atau jalur kuning di sela-sela peluncuran Jember Digital Transportation and Information" (JDTI) pada peringatan Hari Perhubungan Nasional di alun-alun kota setempat, Minggu. (Zumrotun Solichah)
JDTI merupakan fasilitas dalam jaringan yang diunduh dalam aplikasi playstore dalam ponsel android sebagai layanan informasi bagi masyarakat luas tentang informasi transportasi angkutan umum di Jember,
Jember (Antara Jatim) - Dinas Perhubungan Kabupaten Jember, Jawa Timur meluncurkan aplikasi layanan informasi dan transportasi digital atau "Jember Digital Transportation and Information" (JDTI) pada peringatan Hari Perhubungan Nasional di alun-alun kota setempat, Minggu.

"JDTI merupakan fasilitas dalam jaringan yang diunduh dalam aplikasi playstore dalam ponsel android sebagai layanan informasi bagi masyarakat luas tentang informasi transportasi angkutan umum di Jember," kata Kepala Dinas Perhubungan Jember Isman Sutomo di Jember.

Menurutnya untuk angkutan darat, bentuk informasinya adalah mengenai trayek angkutan kota atau lin mulai dari huruf A sampai E, kemudian jadwal kereta api, jadwal penerbangan udara Garuda dan Wings Air di Bandara Notohadinegoro Jember.

"Ada informasi tentang angkutan perintis yang digunakan sebagai angkutan untuk mengantarkan para wisatawan ke tempat-tempat wisata unggulan Jember yang berangkat dari Terminal Tawangalun, Ajung, Ambulu, Watu ulo, Papuma, dan juga ke Curah Takir," katanya.

Ia berharap dengan peluncuran JDTI dharapkan masyarakat semakin nyaman untuk mendapatkan informasi-informasi akurat mengenai transportasi di Kabupaten Jember, sehingga ke depan semakin lebih baik pelayanannya dan evaluasi tetap ditingkatkan.

Selain itu, lanjut dia, sebagai bentuk pengembangan layanan informasi tersebut, Dishub Jember ke depan akan bekerjasama dengan Polres Jember untuk menyediakan Tempat Memantau CCTV (TMC) guna meminimalisir terjadinya pencurian motor (curanmor) dan mengawasi tertib lalu lintas di sejumlah titik-titik rawan di kawasan kota setempat.

"Titik-titik rawan kecelakaan dan pencurian kendaraan bermotot bisa lebih optimal terpantau, sehingga kami akan koordinasi dengan Polres Jember terkait sistem dan mekanisme pengembangannya seperti apa. Hal itu tentu saja kaitannya untuk meningkatkan tertib lalu lintas dan kenyamanan dalam bekendara di jalan," katanya.

Sementara Bupati Jember Faida mengatakan Pemkab Jember terus memperbaiki seluruh sarana transportasi di Jember, agar masyarakat dan wisatawan yang berkunjung di Jember dapat dengan mudah mengakses lokasi wisata.

"Dengan adanya aplikasi 'Jember Digital Transportation and Information' diharapkan bisa diakses warga dan wisatawan yang berkunjung ke sejumlah objek wisata di Jember," tuturnya.(*)
Video oleh: Zumrotun Solichah

Editor: Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.1562 seconds memory usage: 0.58 MB