Jumat, 24 November 2017

Siswa Al-Muslim Sidoarjo Ajak Masyarakat Jaga Lapisan Ozon

id Sekolah Al Muslim, Hari Ozon Internasional
Siswa Al-Muslim Sidoarjo Ajak Masyarakat Jaga Lapisan Ozon
Siswa Sekolah Al-Muslim Sidoarjo memperingati Hari Ozon Internasional, Kamis (14/9) (ist)
Sidoarjo (Antara Jatim) - Siswa sekolah Al-Muslim Sidoarjo, Jawa Timur, mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga lapisan ozon dalam rangka peringatan Hari Ozon Internasional yang diperingati setiap tanggal 16 September.

Kader Lingkungan, SMA Al-Muslim Sidoarjo, M. Rifqi Ramadhan, Kamis mengatakan, salah satu upaya untuk menjaga lapisan ozon adalah mengurangi penggunaan pendingin ruangan atau air conditioner (AC). 

"Banyak cara lain misalnya, tidak melakukan penebangan hutan sembarangan, tak banyak menggunakan parfum spray dan hairspray, serta mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, sehingga tidak menimbulkan asap kendaraan berlebih. Kegiatan lainnya, bisa dengan menanam banyak pohon," ujarnya di sela kegiatan peringatan Hari Ozon Internasional.

Ia mengemukakan, ozon adalah gas alamiah yang dikenal dengan O3 di mana gas yang berbau tajam dan berwarna kebiruan tersebut berfungsi melindungi bumi dari paparan radiasi sinar ultraviolet secara langsung. 

"Jika ultraviolet tidak difilter oleh lapisan ozon, banyak mahluk hidup yang akan menderita. Bahkan, mereka bisa mati. Pohon-pohon kering karena cuaca terlalu panas. Hewan-hewan bernasib serupa. Gunung es akan mencair. Jika hal itu terkena tubuh manusia, juga bahaya. Yakni, bisa mengakibatkan kanker kulit dan kerusakan mata," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, kader lingkungan sekolah juga menyajikan jingle tentang ajakan peduli ozon juga membagikan stiker bertuliskan "Peduli Ozon Sejak Sejarang" kepada masyrakat dan pengguna jalan raya Wadungasri.

"Selain itu, kami juga menyuarakan ajakan pada masyarakat untuk turut menjaga kelestarian lapisan ozon, sebagai pelindung bumi dari radiasi matahari yang selanjutnya dapat menyebabkan pemanasan global dan radiasi sinar UV," ujarnya. 

Aksi diakhiri dengan penyerahan tanaman sansivera oleh kader lingkungan SD, SMP, SMA Al Muslim kepada kepala Kepala Desa Wadungasri serta masyarakat di sekitar lingkungan balai desa sebagai simbol siap menjaga dan peduli ozon.(*)

Editor: Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0106 seconds memory usage: 0.57 MB