Selasa, 17 Oktober 2017

Atlet Jatim Persembahkan 77 Medali SEA Games untuk Indonesia

id koni, jatim, sea games, medali, emas
Atlet Jatim Persembahkan 77 Medali SEA Games untuk Indonesia
Diananda Choirunisa saat menerima medali emas dalam cabang olahraga panahanan di SEA Games Malaysia 2017 (Istimewa)
Meski belum berhasil mengangkat Indonesia di posisi terbaik, tapi atlet sudah berjuang maksimal dan turut membawa nama baik Jatim di mata internasional
Surabaya (Antara Jatim) - Atlet-atlet asal Jawa Timur menyumbangkan 77 keping medali bagi kontingen Indonesia di ajang SEA Games ke-29 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Meski belum berhasil mengangkat Indonesia di posisi terbaik, tapi atlet sudah berjuang maksimal dan turut membawa nama baik Jatim di mata internasional," ujar Ketua Harian KONI Jatim Muhammad Nabil kepada wartawan di Surabaya, Kamis.

Dari perolehan 38 medali emas, 63 medali perak dan 90 medali perunggu yang dikumpulkan kontingen Indonesia, sebanyak 10 emas, 27 perak dan 40 perunggu di antaranya disumbangkan oleh atlet asal Jatim.

Ia merinci, 10 medali emas yang diraih atlet Jatim masing-masing tiga medali dari cabang olahraga panahan (dua medali oleh Khoirunnisa dan satu medali oleh Riau Ega), dua medali emas dari ski air (dua medali oleh M. Zahidi Patu), dan satu medali emas dari wushu oleh Velda Elfira Santoso.

Kemudian, satu medali dari balap sepeda oleh Elga Kharisma, satu medali dari bowling oleh Tanniya, satu medali dari renang oleh Indra Gunawan dan satu medali dari atletik oleh Acong Tyo Purwanto.

Perolehan medali emas tersebut sama dengan perolehan dari atlet dari DKI Jakarta dan berada di bawah atlet asal Jawa Barat yang meraih 11 medali emas.

"Tapi kalau ditotal dengan medali perak dan perunggu, Jatim berada di urutan teratas penyumbang atlet peraih medali dengan 77 keping medali dari 191 medali yang diraih Indonesia," ucap pria yang juga politikus tersebut.

Menurut dia, hasil positif tersebut sudah diprediksi sebelumnya karena metode pemusatan latihan di Jatim yang berkembang, termasuk adanya inovasi pelatihan ilmu pengetahuan keolahragaan.

"Harus dipertahankan, bahkan ditingkatkan agar prestasi-prestasi atlet ke depannya semakin hebat. Tak hanya membawa nama baik Jatim, tapi juga Indonesia," kata Nabil.

Sementara itu, pada ajang SEA Games Kuala Lumpur, Jatim menyumbangkan 96 utusan, masing-masing 77 atlet dan sisanya 19 orang lainnya adalah pelatih.

Atlet Jatim juga turun di 24 cabang olahraga, yaitu renang, loncat indah, panahan, atletik, bola basket, bowling, balap sepeda, anggar, golf, senam, hoki indoor, judi, karate, pencak silat, sepak takraw, menembak, tenis meja, squash, tenis lapangan, bola voli, ski air, angkat besi, wushu dan hoki lapangan. (*)

Editor: Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.1609 seconds memory usage: 0.59 MB