Warga Pesisir Terima Hibah Panel Surya dari Universitas Brawijaya

id pesisir pantai, panel surya, universitas brawijaya

Warga Pesisir Terima Hibah Panel Surya dari Universitas Brawijaya

Petugas sedang memasang panel surya di Desa Tambakrejo (Pesisir Pantai Sendiki), Kabupaten Malang, MInggu (27/8) (istimewa)

Malang (Antara Jatim) - Universitas Brawijaya (UB) Malang menghibahkan sepuluh perangkat panel surya kepada warga di sepanjang Pesisir Pantai Sendiki, Tambakrejo, Kabupaten Malang melalui program Pengabdian Masyarakat.

Tim pelaksana hibah panel UB, Eka Maulana, Rabu memaparkan pengabdian masyarakat ini sebagai upaya untuk mendukung ketersediaan listrik sekaligus perkembangan ekonomi warga Pesisir Pantai Sendiki yang selama ini belum mendapatkan pasokan listrik dari PLN.

"Pengembangan program tersebut diwujudkan melalui pelatihan dan pemasangan instalasi sepuluh set panel surya yang masing-masing berkekuatan 100 Wp dan 50 Wp. Panel surya tersebut dipasang di berbagai titik," kata Eka Maulana di Malang, Jawa Timur.

Ia menerangkan kotak hubung panel surya yang dihibahkan kepada masyarakat pesisir pantai tesrebut dirancang sendiri oleh tim pelaksana. Panel surya tersebut terbuat dari acylic untuk mencegah terjadinya korosi, karena di daerah pesisir pantai mudah terjadi korosi pada besi.

Eka mengemukakan pengabdian masyarakat ini bermanfaat bagi masyarakat pesisir Pantai Sendiki. Masyarakat Sendiki  yang sebagian besar sebagai nelayan itu ingin merakit dan merawat perangkat panel surya tersebut secara mandiri. "Itu memang harapan kami, warga pesisir Pantai Sendiki ini dapat mengembangkan potensi ekonomi dengan memanfaatkan energi yang ramah lingkungan sebagai pantai percontohan di Indonesia dalam hal pembangkitan energi listrik," ujarnya.

Lokasi pemasangan panel surya tesrebut berada di kantor Balai Desa Tambakrejo dan sekitar Pantai Sendiki.  "Kami sudah mengenalkan, bagaimana cara merakit dan bagaimana cara memelihara panel surya kepada masyarakat setempat," ucapnya.

Sepuluh solar cell yang dihibahkan alam rangkaian Pengabdian Masyarakat yang mengambil tema "Difusi Teknologi Piranti Konversi Energi Surya untuk Pemberdayaan Masayrakat Kawasan Pesisir Pantai Sendiki Desa Tambakrejo" itu sudah diserahterimakan dari UB yang diwakili oleh Dr Sholeh Hadi Pramono.

Kesepuluh solar cell itu diterima oleh Kepala Desa Tambakrejo, Kabupaten Malang Yonatan Saptoes beberapa waktu lalu. Penyerahan sepuluh set solar cell tesrebut juga dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) antara UB dan Kepala Desa Tambakrejo.(*)
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar