Selasa, 22 Agustus 2017

Petani Berharap Pemerintah Tidak Banyak Impor Garam

id Petani Berharap Pemerintah Tidak Banyak Impor Garam
Petani Berharap Pemerintah Tidak Banyak Impor Garam
Seorang petani garam, Syafiudin memanen garam di Tambak Cemandi, Sedati, Sidoarjo, Sabtu (12/8). (Hilda Meilisa)
Sidoarjo (Antara Jatim) – Seorang petani garam di Sidoarjo, Jatim,  Syafiudin berharap pemerintah tidak banyak mengimpor garam, karena akan berdampak terhadap harga garam petani dan kesejahteraannya. 

“Kenaikan harga secara tidak langsung sedikit menaikkan kesejahteraan petani garam, tapi saya belum sempat jual garam dengan harga tinggi, kini harganya sudah turun lagi,” ujar Syafiudin saat ditemui di Tambak Cemandi, Sedati, Sidoarjo (12/8).

Menurut dia,  kenaikan garam beberapa waktu terakhir merupakan yang pertama kalinya yang cukup tinggi, namun dia tak dapat merasakan dampaknya karena harga garam kini mulai stabil dengan adanya impor oleh pemerintah. 

“Waktu lagi naik harga garam Rp175.000 per karung ukuran 50 kilogram, setelah ada garam impor langsung turun jadi Rp140.000,” kata pria yang sudah 20 tahun menjadi petani garam ini.

Dia juga mengungkapkan, produksi garam lokal kini sudah membaik, terlebih didukung dengan cuaca yang selalu panas. Kini Syafiudin mampu memanen garam 70 karung garam setiap enam hari sekali. 

Namun hasil panen tak kesemuanya menjadi milik Syafiudin, karena dia hanya petani garam yang mengerjakan tambak milik orang. “Hasilnya saya bagi tiga, dua untuk pemilik tambak, satunya baru untuk saya,” ujar pria asal Sumenep ini.

Kendati demikian, Syafiudin berharap pemerintah peduli dan memikirkan nasib para petani garam. Ia juga ingin merasakan kenaikan pendapatan setelah beberapa waktu lalu sempat gagal panen akibat cuaca yang tak menentu. 

“Boleh impor garam, tapi jangan sering-sering, dan usahakan ini yang terakhir, kami juga ingin menikmati bagaimana rasanya memiliki tambahan penghasilan,” kata  Syafiudin menambahkan.  (*)

Editor: Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Generated in 0.0068 seconds memory usage: 0.57 MB