Jumat, 20 Oktober 2017

Pemkot Kediri Gelar Festival Mahakarya

id Pemkot Kediri, Menyelenggarakan Festival Mahakarya, kota kediri, hut kota kediri
Pemkot Kediri Gelar Festival Mahakarya
Warga memadati kegiatan festival mahakarya yang diselenggarakan di area Memorial Park, Kediri, Jawa Timur, Sabtu (12/8) malam. (Foto Asmaul Chusna)
Kami memberikan wadah bagi pelaku usaha untuk seluruh warga Kota Kediri, bisa promosikan produk unggulan dan produk UMKM di Kediri
Kediri (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, menggelar festival mahakarya, yang salah satunya berupa pameran UMKM, dengan harapan bisa mendorong masyarakat semakin kreatif berusaha, guna menekan angka pengangguran di kota ini.
     
"Kami memberikan wadah bagi pelaku usaha untuk seluruh warga Kota Kediri, bisa promosikan produk unggulan dan produk UMKM di Kediri," kata Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah dalam acara festival mahakarya yang digelar di area Memorial Park, Kediri, Jawa Timur, Sabtu malam.
     
Ia mengatakan, acara tersebut sebagai ajang bagi pelaku usaha untuk mengenalkan usahanya, dan juga berbagai komunitas di Kediri bisa mengenalkan komunitasnya. Seluruhnya diberikan tempat, sehingga pengunjung juga semakin tahu tentang produk mereka.
     
Ia berharap, kegiatan yang rutin diselenggarakan itu dapat menjadi ajang silaturahmi, dan media untuk mendongkrak perekonomian Kediri.
     
Hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kediri dalam Sensus Ekonomi 2016, jumlah usaha di Kediri berkembang pesat. Untuk usaha kecil menengah hingga 38 ribu usaha yang tersebar di seluruh daerah, dan untuk usaha besar hingga lebih dari 1.100 usaha. Sebarannya, Kecamatan Mojoroto hingga sekitar 14 ribu UKM, Kecamatan Kota hingga lebih dari 13 ribu usaha, Kecamatan Pesantren lebih dari 10 ribu usaha. 
     
"Kami berharap ini bisa mendongkrak perekonomian Kediri lebih baik lagi. Dengan harmoni Kediri, sebagai wujud kebersamaan, wujud kerjasama dari pemerintah dan masyarakat, banyak prestasi yang diraih pemkot, termasuk rilis BPS (Survei Ekonomi 2016) yang menunjukkan perekonomian Kediri jadi lebih baik lagi," katanya.
     
Namun, Lilik menegaskan, keberhasilan meraih perekonomian menjadi lebih baik lagi bukan semata-mata karena pemerintah, melainkan kerja keras dari seluruh UMKM yang ada di Kota Kediri. Mereka menghasilkan beragam produk, bahkan menyerap tenaga kerja, sehingga perekonomian di Kediri jadi lebih baik.
     
"Semoga kesempatan seperti ini akan selalu berkelanjutan baik di kelurahan, kecamatan. Ke depan, komunitas, pelaku usaha bisa berkarya, berinovasi, berkreasi dengan produk yang dihasilkan, sehingga perekonimian di Kediri akan lebih baik lagi, mengurangi pengangguran di Kediri," kata dia berharap.
     
Festival mahakarya tersebut diselenggarakan, selain memeringati Hari Jadi ke-1138 Kota Kediri, sekaligus Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia. Acara ini juga sengaja diselenggarakan di kawasan Memorial Park, Kediri, Jalan Pahlawan Kusuma Bangs, Kota Kediri, yang bersebelahan dengan taman makam pahlawan (TMP).
     
Selain pameran beragam produk UMKM, juga ada festival musik, atraksi sepeda BMX, hingga atraksi "Flash mob". Para remaja di Kediri juga berkumpul bersama mengikuti gerak tari yang dipandu penari dalam atraksi "Flash mob" tersebut. (*)

Editor: Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0152 seconds memory usage: 0.58 MB