Selasa, 24 Oktober 2017

Menikmati Indahnya Pantai Teleng Ria Pacitan (Video)

id Menikmati Indahnya, Pantai Teleng Ria, Pacitan, pantai
Menikmati Indahnya Pantai Teleng Ria Pacitan (Video)
Gapura pintu masuk menuju wisata Pantai Teleng Ria, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. (Foto Dokumen)
Saat masuk ke pantai, pengunjung disambut dengan hamparan pohon cemara di sisi kanan dan kiri. Pohon ini semakin membuat indah kawasan pantai. Tak hanya itu, hamparan pohon cemara yang diberi nama "Kampong cemara" itu juga dimanfaatkan pengunjung untuk bersantai dengan keluarga. Dengan beralaskan tikar, mereka menikmati bekal makanan yang dibawa dari rumah.
Kediri (Antara Jatim) - Kabupaten Pacitan, Jawa Timur populer dengan wisata pantainya. Salah satu pantai yang menarik dikunjungi adalah Pantai Telengria di Kelurahan Sidoharjo, Kabupaten Pacitan. Lokasinya yang dekat dengan kota, memudahkan pengunjung menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Keberadaan Pantai Teleng Ria ini juga diapit oleh pegunungan Limo. Saat berada di pantai tersebut, pengunjung dapat menyaksikan tebing-tebing tinggi seperti membentuk pola huruf U yang berdiri mengelilingi pantai. Pola itu seolah-olah melindungi pantai. Beberapa sumber juga menyebut, tebing tinggi tersebut juga menjadi salah satu penyebab ombak di pantai ini tidak terlalu besar. Padahal, pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia terkenal dengan keganasan ombaknya.

Di pantai ini, bukan hanya indah, tapi surga bagi peselencar pemula. Ombak di pantai ini besar, tapi tetap aman, terutama bagi peselacar pemula untuk mengarungi ombak di pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia tersebut.

Pengunjung dapat menyewa papan selancar yang berbiaya sebesar Rp50 ribu. Ombak di pantai ini tidaklah besar, sehingga tepat sebagai tempat belajar surfing untuk para pemula. Namun, jika belum bisa "surfing" atau selancar, pengunjung bisa mengambil kursus singkat di pantai. Biayanya juga nisbi terjangkau. Petugas jaga pun juga siap melatih hingga mampu bermain selancar.

Untuk ke pantai ini, pengunjung tidak terlalu jauh berkendara. Jaraknya hanya sekitar 3 kilomter dari pusat kota. Lokasinya juga relatif mudah dijangkau. Pengunjung langsung disambut dengan gapura pintu masuk ke pantai ini. Di pintu gapura ini, juga sudah bertuliskan tarif masuk ke dalam pantai.

Tiket masuk di hari Senin-Jumat adalah Rp10 ribu. Sementara di akhir pekan, Hari Sabtu, Minggu, tiket masuknya adalah Rp15 ribu, dan ketika ada kegiatan tiket masuk Rp25 ribu. Seluruh tiket diproses di pintu masuk oleh petugas. Setelahnya, pengunjung dengan leluasa menikmati indahnya pantai.

Saat masuk ke pantai, pengunjung disambut dengan hamparan pohon cemara di sisi kanan dan kiri. Pohon ini semakin membuat indah kawasan pantai. Tak hanya itu, hamparan pohon cemara yang diberi nama "Kampong cemara" itu juga dimanfaatkan pengunjung untuk bersantai dengan keluarga. Dengan beralaskan tikar, mereka menikmati bekal makanan yang dibawa dari rumah.

Puas menikmati bekal, pengunjung bisa bermain di pantai. Ombak yang bersahabat membuat nyaman jika ingin bermain-main di pantai. Bahkan, secara geografis, pantai ini juga landai. Ini pun juga yang menjadi salah satu alasan dibangunnya pelabuhan perikanan.

Namun, jika pengunjung tak membawa bekal di tempat ini juga berderet warung makan dan oleh-oleh. Jika ingin menikmati olahan ikan juga sudah tersedia. Beragam jenis ikan disajikan sudah dalam keadaan matang oleh para pedagang dan tinggal pilih. Jenisnya juga beragam, misalnya udang goreng, lobster goreng, tuna. Semuanya juga sudah diolah tinggal makan.

Di Pacitan, terkenal dengan tahu tuna. Pengunjung tidak perlu khawatir. Para pedagang sudah sangat paham dengan pasar mereka. Tahu tuna menjadi salah satu oleh-oleh laris selain olahan ikan. Harganya juga sangat terjangkau, tidak sampai Rp10 ribu per bungkus. Rasanya, dijamin sedap dan gurih.

Jika pengunjung ingin menikmati liburan di pantai, di tempat ini juga ada penginapan "Parai Teleng Ria Beach Resorts". Lokasinya di tepi pantai pas, sehingga tepat jadi salah satu rujukan. Fasilitas di tempat ini juga lengkap, termasuk kamar tidur yang bagus, penyejuk udara, serta beragam voucher untuk pesta makan ikan laut. Kamar tidur berhadapan langsung dengan pantai. Termasuk tempat makan juga di depan pantai. 

Jika ingin bersantai pun, pengunjung bisa memanfaatkan tempat santai berupa kursi panjang lengkap dengan payung. Setelah sarapan usai, pengunjung bisa bersantai sambil membawa aneka cemilan. Namun, jika tidak tahan dengan udara pantai pagi yang cukup dingin, dianjurkan tidak lama-lama di pantai, agar tidak masuk angin.

Selain fasilitas penginapan, pasar oleh-oleh, pasar ikan, di tempat ini juga ada wahana air. Pengunjung bisa menikmati berenang dengan beragam fasilitas sepuasnya. 

Thalia, salah seorang pengunjung asal Kediri mengaku takjub dengan pantai ini. Ia baru sekali ini berkunjung ke Pantai Telengria, sehingga tidak ingin disia-siakannya. "Saya suka dengan pantainya. Jadi datang ke sini, sambil ber-swafoto," kata Thalia.

Pantai ini biasanya memang ramai saat akhir pekan ataupun saat ada even. Saat hari biasa, pengunjung relatif lebih sepi. Tapi, tak ada salahnya saat sepi pun berkunjung ke wisata nan elok ini. Tempat ini direkomendasikan menjadi salah satu tujuan wisata yang apik di Pacitan. Selamat menikmati ......  (*)
Video oleh: Asmaul Chusna


Editor: Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.1452 seconds memory usage: 0.62 MB