Jumat, 28 Juli 2017

Wings Air Jadwalkan Penerbangan Percobaan 22 Juli

id penerbangan sumenep, penerbangan percobaan, pesawat wings air, bandara trunojoyo, bandara sumenep
Wings Air Jadwalkan Penerbangan Percobaan 22 Juli
Pesawat milik PT Airfast Indonesia yang melayani penerbangan perintis di jalur Sumenep-Surabaya parkir di Bandara Trunojoyo beberapa waktu lalu. (dok antarajatim.com)
Sumenep (Antara Jatim) - Manajemen PT Wings Abadi (Wings Air) menjadwalkan penerbangan percobaan dengan menggunakan pesawat jenis ATR-72 guna memastikan kesiapan fasilitas di Bandara Trunojoyo Sumenep, Jawa Timur, pada 22 Juli 2017.

"Penerbangan percobaan akan dilakukan, jika pemerintah daerah menyelesaikan persoalan berupa masih adanya objek penghambat keselamatan penerbangan pesawat berkapasitas sekitar 70 penumpang dari dan ke Bandara Trunojoyo," kata Ground Operations Manager Wilayah Barat Wings Air, Edy Guritno di Sumenep, Senin.

Edy bersama sejumlah stafnya berada di Sumenep untuk menyurvei fasilitas di Bandara Trunojoyo guna menindaklanjuti rencana Wings Air membuka jalur baru penerbangan komersial di rute Sumenep-Surabaya.

Salah satu hasil temuan dari survei tersebut adalah masih adanya objek pengganggu keselamatan penerbangan pesawat sejenis ATR-72, yakni bangunan dua lantai milik SMA PGRI Sumenep yang posisinya berada di sebelah barat ujung landas pacu Bandara Trunojoyo.

Namun, sesuai hasil koordinasi dengan Bupati Sumenep A Busyro Karim, persoalan objek penghambat itu akan diselesaikan dalam waktu satu hingga dua hari ke depan oleh pihak terkait di pemerintah daerah dengan cara mengepras gedung dua lantai tersebut.

"Sudah ada kesepahaman bersama dan jika itu direaliasikan sesuai komitmen awal, kami akan melakukan penerbangan percobaan atau tanpa penumpang pada akhir pekan ini (22/7)," kata Edy, menegaskan.

Ia menjelaskan, penerbangan percobaan tersebut guna mengetahui secara riil sekaligus memastikan kesiapan fasilitas di Bandara Trunojoyo untuk aktivitas penerbangan pesawat sejenis ATR-72.

Manajemen Wings Air akan menggunakan pesawat ATR-72 jika rencana pembukaan jalur baru penerbangan perintis di rute Sumenep-Surabaya disetujui oleh para pihak terkait di Kementerian Perhubungan, di antaranya Otoritas Bandara Trunojoyo.

"Kami siap beroperasi melayani penerbangan komersial di rute Sumenep-Surabaya. Namun, memang ada beberapa hal yang harus diselesaikan. Semoga saja semuanya bisa diselesaikan dalam waktu dekat ini," ujarnya.

Sejak beberapa tahun lalu, pihak terkait di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus bersinergi dengan Pemkab Sumenep untuk mengembangkan atau membenahi fasilitas di Bandara Trunojoyo.

Program pengembangan itu bertujuan supaya Bandara Trunojoyo menjadi bagian dari jalur penerbangan komersial.

Saat ini, Bandara Trunojoyo memiliki landas pacu pesawat sepanjang 1.600 meter dengan lebar 30 meter yang berarti secara teknis sudah memenuhi syarat untuk aktivitas penerbangan pesawat berkapasitas sekitar 70 penumpang.

Manajemen Wings Air yang berminat untuk beroperasi di jalur baru penerbangan komersial di rute Sumenep-Surabaya telah meminta persetujuan "slot" penerbangan kepada Otoritas Bandara Trunojoyo pada 12 Juli 2017. (*)

Editor: Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0088 seconds memory usage: 0.58 MB