Pelindo III Terpilih Sebagai Penyedia Jasa Kepelabuhanan Terbaik

id PELINDO III, jasa kepelabuhanan terbaik, UNS,

Pelindo III (Foto : IST)

Surabaya (Antara Jatim) -  PT Pelabuhan Indonesia III terpilih sebagai penyedia jasa kepelabuhanan terbaik dalam acara "6th UNS SMEs Summit and Awards 2017" yang digelar oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah.

"Penghargaan ini menunjukkan Pelindo III memiliki komitmen yang tinggi untuk memberikan kontribusi yang positif dalam jasa kepelabuhanan dan pemberdayaan masyarakat khususnya bagi UMKM," kata Asisten Sekretaris Perusahaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Pelindo III Roy Darma Putera dalam keterangan persnya di Surabaya, Senin.

Roy mengatakan, dalam acara itu Pelindo III terpilih sebagai perusahaan BUMN transportasi sebagai pelaksana PKBL dan pengembang UMKM terbaik. 

Pada acara itu, kata Roy, ada 14 kategori penghargaan yang diberikan kepada beberapa perusahaan berprestasi, di antaranya pemprov dan pemkab/pemkot pengembang UMKM terbaik, perusahaan BUMN pelaksana PKBL terbaik, perusahaan swasta pelaksana PKBL terbaik, bank pelaksana PKBL pengembang terbaik, koperasi pengembang UMKM terbaik, serta perorangan peduli pengembangan UMKM terbaik.

"Apresiasi kalangan akademisi UNS ini digelar setiap tahun dan dilaksanakan dalam rangka peringatan Dies Natalis UNS yang dalam penyelenggaraannya didukung Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia," katanya.

Roy mengatakan, Pelindo III telah tiga kali berturut-turut mendapatkan penghargaan yang sama setiap tahun, dan hal ini membuktikan Pelindo III turut berperan aktif dalam pelaksanaan PKBL secara berkelanjutan.

Sementara itu, Rektor UNS Ravik Karsidi mengatakan pemberian penghargaan ini sebagai apresiasi pihak kampus atas kinerja individu atau perusahaan dalam pemberdayaan koperasi dan UMKM. 

"Kami harap apresiasi ini mampu memotivasi instansi lain untuk bisa ikut memberdayakan UMKM yang ada di Indonesia, sehingga bisa meningkatkan daya saing UMKM di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)," katanya.

Sementara itu, dalam programnya Pelindo III telah menyalurkan dana PKBL ke beberapa wilayah di Jawa Timur senilai total Rp1,31 miliar, seperti diatur dalam Permen-05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan BUMN dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan.

Dana itu diberikan ke beberapa daerah di antaranya Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Pasuruan, Malang, Blitar, Mojokerto, Nganjuk, Magetan, Ponorogo, Ngawi, Lamongan, Bangkalan, Pamekasan, dan Sumenep.

Sebelumnya, sepanjang tahun 2016 Pelindo III telah merealisasikan program kemitraan sejumlah Rp14,25 miliar dan penyaluran program bina lingkungan sejumlah Rp21,40 miliar.(*)




Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar