Wagub Jatim: Pramuka Harus Melek Teknologi

id Jatim Adem, Wagub Jatim:, Pramuka Melek Teknologi, Ka Kwarda Pramuka Jatim

Wagub Jatim: Pramuka Harus Melek Teknologi

Wagub Jatim Siafullah Yusuf saat melantik Bupati Bondowoso Amin Said Husni sebagai Ketua Mabicab Bondowoso beserta pengurus lainnya. Minggu (16/7) (Istimewa)

Bondowoso  (Antara Jatim) - Wakil Gubernur Jawa Timur H. Saifullah Yusuf mengemukakan bahwa Gerakan Pramuka di era yang serba maju saat ini harus mampu mengikuti setiap perkembangan yang ada, dan salah satunya Pramuka harus melek teknologi agar tidak ketinggalan perkembangan zaman.

"Apabila Pramuka paham teknologi nantinya akan memberi warna bagi dunia ke Pramukaan di Indonesia," kata Saifullah Yusuf sekaligus Ka Kwarda Pramuka Jatim saat memberikan sambutan pada acara pelantikan pengurus Mabi, Kwartir dan LPK Gerakan Pramuka Kabupaten Bondowoso Masa Bhakti 2017-2022 di Pendopo Kabupaten Bondowoso, Minggu.

Menurut dia, tantangan bagi gerakan Pramuka saat ini tidak mudah melainkan semakin berat. Persaingan terjadi tidak hanya antardaerah melainkan antarnegara. Oleh karena itu, katanya, gerakan Pramuka harus mewarnai media media sosial dengan menyampaikan informasi kegiatan kegiatan Pramuka yang menarik dan produktif.

Pramuka hari ini, katanya, bukan hanya belajar tentang baris berbaris dan tidak sekadar kemah akan tetapi Pramuka mengajarkan tentang kepemimpinan dan  Pramuka juga mengajarkan saling tolong menolong, peduli sesama, cerdas, pintar dan mencintai alam dan tuhan.

"Pramuka haruslah bersahabat dengan teknologi dengan memanfaatkan teknologi dan berbagai kegiatan Pramuka dapat di kombinasikan menjadi kegiatan yang bermanfaat sekaligus menarik," tuturnya.

Gus Ipul menyampaikan, kepada Kwarcab Bondowoso untuk memberikan bimbingan serta dukungan dan memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan kepramukaan secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Selain itu Mabicab Bondowoso juga harus memberikan bantuan ketersediaan tenaga fasilitas yang diperlukan untuk pendidikan ke Pramukaan.

"Saya mengusulkan pada Pramuka Bondowoso agar membuat kegiatan yang inovatif dan salah satunya membuat warung kopi Bondowoso, karena Bondowoso terkenal dengan kenikmatan kopinya dan warung kopi tersebut dapat diisi oleh Pramuka sekaligus mempromsikan produk asli daerahnya," ucapnya.

Sementara Bupati Bondowoso Amin Said Husni mengatakan, pelantikan Gerakan Pramuka Bondowoso harus dijadikan semangat untuk merevitalisasi pendidikan karakter bagi generasi muda melalui gerakan Pramuka.

"Gerakan Pramuka menjadikan manusia yang berguna dan bermartabat, cerdas, terampil, jujur dan bertanggung jawab secara jasmani dan sehat rohani dan kami yakin dengan totalitas dan dukungan semua pihak, Kabupaten Bondowoso mampu memberikan yang terbaik bagi kemajuan Pramuka, masyarakat Bondowoso dan Jawa Timur," katanya.

Dalam kegiatan ini, Ka Kawarda Pramuka Jatim, Saifullah Yusuf melantik Bupati Bondowoso Amin Said Husni sebagai Ketua Mabicab Bondowoso dan Wakil Ketua I, yakni Ketua DPRD Bondowoso Ahmad Dhafir, masa Bhakti 2013-2018 sesuai Surat Keputusan Nomor 40 Tahun 2017.

Sementara untuk susunan pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bondowoso Masa Bhakti 2017-2022,  bertindak selaku ketua adalah Drs. H. Hidayat M.Si dan terdiri dari 6 wakil ketua dan satu sekretaris.

Sedangkan, untuk Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Kwarcab Pramuka Bondowoso masa Bakti 2017-2022 dilantik sebagai Ketua adalah Masturi MS, S.Pd, MMPD dengan Wakil Ketua dijabat oleh Susmai dan Sekretaris dijabat oleh Tri Andi. (*)
Pewarta :
Editor: Chandra Hamdani Noer
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar