Kamis, 21 September 2017

Keindahan Teluk Love Jadi Destinasi Wisata Romantis di Jember (Video)

id teluk love, pantai payangan jember,
Keindahan Teluk Love Jadi Destinasi Wisata Romantis di Jember (Video)
Sejumlah wisatawan berselfie ria di atas bukit untuk melihat Teluk Love yang berada di sekitar Pantai Payangan Jember (Zumrotun Solichah)
Teluk Love Pantai Payangan memiliki potensi wisata yang bagus karena masih alami dan eksotika gambar hati menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk melihat dari atas bukit,
Menikmati liburan bersama keluarga tentu hal yang paling mengasyikkan. Apalagi kiburan sambil menikmati pemandangan alam yang luar biasa indahnya, tentu akan dapat menghilangkan stres setelah bekerja.

Nah, bagi anda yang liburan di Kabupaten Jember, tidak ada salahnya untuk singgah ke Teluk Love yang berada di Pantai Payangan yang berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Jember.

Teluk Love yang juga dikenal dengan sebutan Teluk Cinta ini merupakan destinasi wisata yang kini sangat populer dan banyak diminati para wisatawan saat berlibur ke Kota Suwar-Suwir tersebut.

Wisata alam yang eksotik itu menyuguhkan keindahan pantai yang sangat menawan dan gugusan teluknya membentuk layaknya sebuah lambang love (hati) yang dipercantik dengan pemandangan alam hijau pepohonan dan perbukitan yang letaknnya berada di area pinggir Pantai Payangan.

Untuk melihat Teluk Love, harus mendaki bukit yang cukup fenomaenal dan dikenal dengan nama Bukit Domba karena banyak domba masyarakat yang dilepas di sana karena bukitnya yang tidak terlalu tinggi.

Teluk Love di Pantai Payangan selalu ramai dikunjungi baik wisatawan dalam kota maupun luar kota. Bahkan, setiap harinya puluhan hingga ratusan pengunjung yang menikmati sensasi keindahan panorama tersebut sejak pagi hingga sore hari.

Jalan menuju bukit untuk melihat keindahan Teluk Love padat merayap saat liburan Lebaran beberapa waktu lalu, bahkan ratusan wisatawan bersama keluarganya rela antre dan berpanas-panasan untuk menikmati kenindahan Teluk Cinta itu.

Pengunjung akan dikenai tarif Rp5.000 saat masuk menyusuri BUkit Domba untuk melihat keindahan Teluk Love dari atas bukit tersebut dan perjalanan menuju puncak bukit sekitar 15-25 menit untuk melihat pemandangan Teluk Love.

Setelah lelah mendaki bukit, wisatawan juga bisa singgah sejenak di sejumlah warung makan yang menyajikan menu spesial ikan bakar dengan aneka ikan segar pilihan yang didapat dari nelayan sekitar.

"Teluk Love Pantai Payangan memiliki potensi wisata yang bagus karena masih alami dan eksotika gambar hati menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk melihat dari atas bukit," kata Kasi Penyuluhan dan Pemasaran Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Jember, Deta Iramakasih.

Keunikan teluk yang berbentuk hati tersebut juga sudah ramai disejumlah media sosial, sehingga tidak jarang muda-mudi yang mengaku traveler dari luar kota beramai-ramai singgah untuk menikmati keindahan Teluk Cinta tersebut karena rasa penasarannya.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan juga mendorong Kelompok Sadar Wisata di Pantai Payangan tersebut untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat sekitar terkait dengan pentingnya kebersihan dan kenyamanan pengunjung saat berada di sana.

Tidak jarang, sosialisasi dan penyuluhan dilakukan oleh Dinas Pariwisata untuk menunjang keberadaan destinasi wisata yang kini semakin dikenal luas di media sosial tersebut hingga menyebabkan kunjungan wisatawan di Pantai Payangan terus meningkat.

Salah seorang wisatawan Fatkur Rahman mengaku tertarik berkunjung ke Teluk Love karena banyaknya postingan foto-foto yang diunggah di instagram, twitter, dan facebook banyak yang menyukai lokasi wisata tersebut.

"Bentuknya unik dan saya jarang melihat pantai yang bentuknya seperti hati, sehingga lokasi yang cukup romantis untuk dikunjungi saat singgah di rumah saudara saya di Kabupaten Jember," ucap wisatawan asal Surabaya.

Tidak hanya Teluk Love, lanjut dia, di sana juga ada Puncak Asmara yang bisa digunakan wisatawan untuk istirahat sejenak, setelah kelelahan mendaki untuk menuju puncak Bukit Domba yang sejuk.

Memang banyak kalangan remaja yang lebih tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata Teluk Love karena harus mendaki bukit lebih dulu sebelum melihat keindahan teluk yang berbentuk hati, namun tidak sedikit orang tua mengajak anaknya untuk melihat keindahan pesisir pantai di selatan Jember tersebut.

Rute untuk sampai ke Pantai Teluk Love sebenarnya mudah untuk dicari, namun bagi yang belum pernah ke Kabupaten Jember tentu harus tahu terlebih dahulu ke arah Kecamatam Ambulu untuk menuju ke kawasan Pantai Payangan Jember karena lokasinya berdekatan dengan Pantai Watu Ulo yang lebih dulu terkenal di Kabupaten Jember. (*)
Video oleh: Hamka Agung

Editor: Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0675 seconds memory usage: 0.61 MB