Sabtu, 29 Juli 2017

Pemkot Madiun Rayakan Idul Fitri 1438 Hijriah

id Pemkot Madiun Rayakan Idul Fitri 1438 Hijriah, Pemkot Madiun, pemerintah kota madiun, kota madiun, Idul Fitri 1438 Hijriah, idul fitri, lebaran 2017, safari ramadhan, Takbir keliling kota madiun, shalat idul fitri, open house kota madiun, "open house" pemkot madiun, momentum hari raya
Pemkot Madiun Rayakan Idul Fitri 1438 Hijriah
Wakil Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto saat memberangkatkan Takbir Keliling kendaraan roda empat di depan halaman Masjid Agung Baitul Hakim Kota Madiun, Sabtu (24/6). Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah, Pemkot Madiun menggelar kegiatan Takbir Keliling kendaraan roda empat, Shalat Idul Fitri bersama di Masjid Agung Kota Madiun, dan gelaran "Open House" di Rumah Dinas Wali Kota Madiun. (Foto : Dinas Kominfo Kota Madiun).
Madiun (Antara Jatim) - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun menggelar serangkaian kegiatan guna menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah/2017.

Di antaranya adalah kegiatan Takbir Keliling kendaraan roda empat, Shalat Idul Fitri bersama di Masjid Agung Kota Madiun, dan gelaran "Open House" di Rumah Dinas Wali Kota Madiun.

Rangkaian kegiatan perayaan idul fitri tersebut diawali Wakil Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto bersama Forpimda Kota Madiun memberangkatkan Takbir Keliling kendaraan roda empat di depan halaman Masjid Agung Baitul Hakim Kota Madiun pada Sabtu (24/6).

Takbir Keliling yang diikuti oleh 184 peserta dari berbagai elemen masyarakat tersebut sebagai wadah bagi masyarakat Kota Madiun untuk merayakan dan memeriahkan malam hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, peserta takbir menampilkan berbagai kreativitasnya dengan kriteria penilaian antara lain tertib kendaraan, alunan takbir, iringan musik, kerapian busana, keutuhan, dan kekompakan peserta.

Adapun, rute yang dilalui takbir keliling, dimulai dari depan Masjid Agung Baitul Hakim–Jalan Kol Marhadi-Jalan Gajah Mada-Jalan Prambanan-Jalan Yos Sudarso-Jalan Basuki Rahmat–Jalan S. Parman-Jalan Imam Bonjol-Jalan Slamet Riyadi–Jalan Setia Budi-Jalan Tanjung Manis–Jalan Kelapa Manis–Jalan DI. Panjaitan –Tean-Jalan Soekarno Hatta, dan finis di depan Pasar Sleko Kota Madiun.

Sebagai juara 1 lomba Takbir Keliling diraih oleh MAN 2 Kota Madiun, juara 2 oleh SMPN 2 Kota Madiun, juara 3 diraih SMAN 5 Kota Madiun, juara harapan 1 diraih oleh SMPN 5 Kota Madiun, juara harapan 2 diraih SMAN 2 Kota Madiun, dan juara harapan 3 diraih oleh SMAN 4 Kota Madiun.

Selain Takbir Keliling, pada H1 Lebaran Minggu (25/6), Sugeng Rismiyanto bersama jajaran Kepala OPD Pemkot Madiun juga melaksanakan Shalat Idul Fitri bersama masyarakat di Masjid Agung Baitul Hakim Kota Madiun.

Shalat Idul Fitri 1438 Hijriah berlangsung lancar dan diikuti oleh ribuan umat muslim warga Kota Madiun.

Setelah pelaksanaan Shalat Idul Fitri, digelar kegiatan "Open House" di rumah dinas Wali Kota Madiun di Jalan Pahlawan. Dalam open house tersebut, hadir juga Sekretaris Daerah Kota Madiun Maidi beserta keluarga dan Ketua DPRD Kota Madiun Istono beserta keluarga. Hadir pula para pejabat dan jajaran OPT Pemkot Madiun dan ribuan warga Kota Madiun.

"Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Madiun mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin," ujar Wakil Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto mengawali membuka kegiatan open house tersebut.

Ia menambahkan, dalam mometum open house tersebut, Sugeng menekankan untuk menjaga silaturahim dengan keluarga dan juga sesama, terlebih dalam suasana Idul Fitri kali ini. 

Rasa kebersamaan, kerukunan, dan silaturahim harus tetap dipertahankan di lingkungan masyarakat. Sebab, hal itulah yang membuat Kota Madiun tetap dalam keadaan aman dan nyaman.

Kegiatan open house tersebut merupakan puncak dari serangkaian kegiatan Wakil Wali Kota Madiun dan jajarannya dalam menyambut bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1438 Hijriah. (*)

Editor: Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0175 seconds memory usage: 0.61 MB