Sabtu, 29 Juli 2017

Akhmad Munir : Doa Orang Tua Mampu Gerakkan Lingkungan

id Munir, PWI, Jatim, PWI Jatim, Doa Orang Tua, Ridho
Akhmad Munir : Doa Orang Tua Mampu Gerakkan Lingkungan
Akhmad Munir (dok. Antara Jatim)
Hikmah yang saya dapatkan dari peristiwa itu adalah, ada tangan-tangan yang kita tak mampu melihat namun bergerak membantu mendorong kita untuk bangkit dan menjadi lebih baik, karena doa orang tua yang dijalani dengan sabar dan ikhlas akan berbuah hikmah
Berbakti kepada orang tua adalah salah satu jalan menggapai ridha Allah SWT. Itulah rumus agama Islam yang telah diajarkan sejak lama, dan telah terbukti banyak kisah sukses seorang anak yang tidak lepas dari doa kedua orang tuannya, karena perjalanan hidupnya telah diridhoi Sang Pemilik Alam.

Kisah yang sama dialami pula oleh Akhmad Munir, Kepala Biro Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Jawa Timur. Ia mengaku dirinya menjadi seperti saat ini juga tidak lepas dari doa kedua orang tuanya.

Munir yang kini juga menjabat Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur ini berkisah, sejak memasuki semester 8 sebagai mahasiswa Universitas Jember diminta kembali ke rumah, karena ibunya tidak mampu lagi membiayai pendidikan akademisnya, sejak ditinggal ayahnya yang meninggal pada saat Munir kelas 1 SMA.

Pada saat itu, Munir sempat bimbang diminta kembali ke kampung halamannya karena sisa semesternya hanya kurang sedikit. Namun, karena kesadaran akan doa dan permintaan orang tuanya, pria kelahiran Madura ini pun memutuskan untuk mengikuti saran ibunya.

Dengan saran itu, tiba-tiba ada kekuatan lain yang ikut menggerakkan dirinya untuk bersama-sama menyelesaikan kuliah dengan biaya sendiri dari usaha menulis di berbagai media massa di Jawa Timur. Selain itu pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Biro LKBN Antara Bengkulu ini juga mendapatkan pekerjaan sebagai wartawan di media nasional Antara.

"Sejak saat itulah kehidupan saya dibalikkan 180 derajat, dari kehidupan jalanan menjadi bermanfaat sebagai penulis sejak 1991 sebagai wartawan LKBN Antara," ucapnya.

Dari kisah itu, Munir mengaku bisa mengambil pelajaran bahwa doa orang tua secara tidak langsung akan menggerakkan lingkungan apabila dijalani secara iklhas.

"Hikmah yang saya dapatkan dari peristiwa itu adalah, ada tangan-tangan yang kita tak mampu melihat, namun bergerak membantu mendorong kita untuk bangkit dan menjadi lebih baik, karena doa orang tua yang dijalani dengan sabar dan ikhlas akan berbuah hikmah," tuturnya. (*)

Editor: Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0691 seconds memory usage: 0.58 MB