Selasa, 22 Agustus 2017

Polres Pamekasan Pantau Khusus Jalur Mudik Rawan Macet

id Mudik Lebaran di Pamekasan
Polres Pamekasan Pantau Khusus Jalur Mudik Rawan Macet
Apel Pengamanan Arus Mudik dan Balik Lebaran di Mapolres Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Senin (19/6/2017) (Abd Aziz)
Ada tiga lokasi yang diperkirakan rawan macet di Pamekasan ini, karena hingga kini perbaikan jalan belum selesai.
Pamekasan (Antara Jatim) - Polres dan Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Pamekasan, Jawa Timur, melakukan pemantauan khusus di jalur rawan macet selama musim arus mudik dan balik Lebaran 1438 Hijriah.

"Ada tiga lokasi yang diperkirakan rawan macet di Pamekasan ini, karena hingga kini perbaikan jalan belum selesai," kata Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Pamekasan Kompol Sarpan kepada Antara di Pamekasan, Senin.

Ia menjelaskan, ketiga titik rawan macet itu semuanya di sepanjang Jalan Raya Tlanakan yang merupakan jalur utama, penghubungan empat kabupaten di Pulau Madura.

"Di sana kami terpaksa membuat pos pantau khusus dan menerjunkan personel ke lokasi, karena pengerjaan proyek perbaikan jalan belum selesai," katanya.

Mantan Kasat Narkoba Polres Pamekasan ini lebih lanjut menjelaskan, sebelum proyek itu dikerjakan, pihaknya telah meminta agar pengerjaan proyek ditunda hingga musim arus mudik selesai, namun saran petugas tidak diindahkan, dan proyek tetap digelar.

"Awalnya pelaksana proyek berjanji, akan menyelesaikan sepuluh hari sebelum Lebaran, tapi nyatanya hingga saat ini belum selesai," ujar Sarpan.

Ia menjelaskan, di sepanjang Jalan Raya Tlanakan itu ada tiga perbaikan jembatan, yakni pintu masuk menuju Kota Pamekasan, lalu di dekat SPBU Tlanakan dan di jembatan muara sungai di perbatasan antara Desa Kramat dan Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan.

Selain di tiga titik itu, polisi nantinya juga akan melakukan pengawasan khusus di kampung pesisir di Desa Kramat sehari setelah Lebaran hingga Lebaran Ketupat.

Ini dilakukan, karena masyarakat di desa itu biasa menggelar tradisi "Per-Peran", yakni tradisi jalan-jalan dengan menggunakan andong dan becak di jalan raya, sehingga berpotensi memacetkan arus lalu lintas.

Sementara pada musim arus mudik dan balik Lebaran 1438 Hijriah ini, Polres Pamekasan mendirikan lima pos.

Perinciannya sebanyak tiga pos pengamanan (pospam), satu pos pantau dan satu pos layanan. Tiga pospam itu ada di Jalan Raya Ambat, Talang Siring, Desa Montok Larangan dan di Desa Sotabar, Kecamatan Pasean. 

Sementara satu pos pantau diletakkan di sekitar lokasi perbaikan jembatan di Tlanakan dan satu pos layanan dipusatkan di Arek Lancor. (*)

Editor: Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.1396 seconds memory usage: 0.57 MB