Kamis, 19 Oktober 2017

Zakat Pelengkap Kesalehan Ritual Menuju Kemenangan

id kesalehan sosial, kesalaehan sosial, zakat fitrah
Zakat Pelengkap Kesalehan Ritual Menuju Kemenangan
Masuki M Astro (istimewa)
Ajaran Islam adalah ajaran yang sangat lengkap dan detail. Islam tidak hanya mengajarkan bagaimana pemeluknya menjadi orang yang saleh secara infividu lewat ritual sebagai relasi vertikal. Islam juga mengandung ajaran yang implementatif bagaimana umat yang saleh itu tidak hanya baik hubungannya dengan Allah sang pencipta alam, namun juga bagaimana memperlakukan sesamanya.

Di bulan Ramadhan ini terdapat tiga hal yang tidak satu sama lain tidak dapat dipisahkan. Ketiganya adalah, puasa, zakat fitrah dan Idul Fitri.

Salah satu nilai yang bisa diambil dari ibadah puasa adalah agar Umat Islam bisa merasakan kondisi lapar yang biasa dialami orang-orang miskin. Merasakan penderitaan saja tidak cukup bagi seorang Muslim, tapi harus lebih maju dari sekadar itu.

Setelah ikut merasakan penderitaan masyarakat yang lemah secara ekonomi, seorang Muslim harus bergerak membantu mereka. Islam mengajarkan seorang Muslim harus mengeluarkan zakat dalam hal ini zakat fitrah yang merupakan kewajiban pribadi (fardu 'ain) setiap Muslim setiap tahun sebelum datangnya Idul Fitri.

Zakat fitrah adalah zakat dasar yang memiliki dampak sosial bagi masyarakat penerimanya.

Puasa di Bulan Ramadhan dan zakat fitrah mengajarkan bagaimana Umat Islam harus bisa menjaga keseimbangan hubungan antara dirinya dengan Allah (saleh individual) dengan hubungan dirinya dengan manusia lainnya (saleh sosial).

Dalam konteks ini, Allah memerintahkan umat-Nya tidak hanya yang bersifat wajib. Dalam hal zakat, ada juga yang sifatnya sunah dengan sebutan sedekah. Sedekah ini tidak mengenal batasan waktu hanya di Bulan Ramadhanm melainkan bisa dilaksanakan kapanpun seseorang memiliki kemampuan ekonomi dan kelegaan hati untuk berbagi kebahagian dengan orang lain.

Jika puasa sudah dijalankan dengan benar dan zakat fitrah sudah ditunaikan, maka dengan izin Allah, semogta kita termasuk orang-orang yang mampu meraih kemenangan di Bulan Ramadhan ini dan berhak merayakan Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah masih memberi kesempatan kita untuk dipertemukan kembali dengan Ramadhan di tahun-tahun mendatang. Aamiiinn.(*)

Editor: Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Top News
Baca Juga

Generated in 0.0691 seconds memory usage: 0.59 MB