Kamis, 19 Oktober 2017

Dishub Madiun Sediakan Sembilan Bus Balik Gratis

id Dishub Madiun, Sediakan, Sembilan Bus Balik Gratis, pemkot madiun, program mudik gratis, balik gratis, Lebaran 2017, angkutan lebaran 2017, pemprov jatim, mudik bersama, balik bersama
Dishub Madiun Sediakan Sembilan Bus Balik Gratis
Empat bus balik gratis di rute Sumenep-Surabaya yang mengangkut 187 warga diberangkatkan dari depan Kantor Dishub Sumenep, Senin (20/7) 2016. Program bus balik gratis itu merupakan kegiatan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. (ilustrasi)
Madiun (Antara Jatim) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Madiun, Jawa Timur menyediakan sebanyak sembilan unit bus yang akan digunakan sebagai angkutan balik gratis pada Lebaran tahun 2017. 

"Sembilan unit bus tersebut melayani rute Madiun-Surabaya yang keberangkatannya dijadwalkan pada tanggal 2 Juli 2017. Titik pemberangkatan akan dilakukan di halaman Balai Kota Madiun," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Madiun Ansor Rasidi kepada wartawan, Rabu.

dia, layanan angkutan balik Lebaran 2017 secara gratis tersebut merupakan kerja sama Pemkot Madiun dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Adapun kapasistas penumpang dari sembilan unit bus yang disediakan mencapai 522 orang. 

"Kapasitas yang disediakan tahun ini lebih banyak dari tahun lalu. Di mana pada tahun lalu kapasitasnya hanya tujuh bus atau sekitar 406 orang," ucapnya.

Adapun kapasitas dari sembilan unit bus tersebut semua sudah terpenuhi. Melihat tingginya animo masyarakat yang ikut program balik gratis, Pemkot Madiun berniat mengajukan penambahan kapasitas untuk program serupa di tahun mendatang, yakni mencapai 12 bus.

Ia menjelaskan, layanan angkutan balik gratis tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung kelancaran penyelenggaraan angkutan Lebaran tahun 2017. 

Selain itu, juga untuk meningkatkan keselamatan para pengguna jalan selama masa angkutan mudik dan balik lebaran berlangsung.

Sasaran peserta angkutan balik gratis tersebut tidak hanya para pemudik yang berasal dari Kota Madiun saja, namun juga para pemudik asal luar Kota Madiun. Namun, tetap diprioritaskan bagi pemudik asal Kota Madiun.

Ansor menambahkan, program balik gratis tersebut juga bagian dari upaya mengurangi jumlah kendaraan, terlebih roda dua, di jalan selama musim Lebaran 2017. Hal itu untuk mewujudkan masa mudik dan balik tanpa kecelakaan atau "zero accident".

Pihaknya  berharap, dengan program mudik dan balik lebaran gratis yang dilaksanakan pemerintah pada masa angkutan lebaran, khususnya di wilayah Jawa Timur dapat berjalan aman dan lancar. (*)

Editor: Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.029 seconds memory usage: 0.58 MB