Kamis, 19 Oktober 2017

Pemprov Jatim Jamin Stok Pangan Aman (Video)

id Pemprov Jatim, Stok Pangan
Pemprov Jatim Jamin Stok Pangan Aman (Video)
Gubernur Jawa Timur Soekarwo bersama dengan forum komunikasi pimpinan daerah Provinsi Jawa Timur memberangkatkan truk bulog untuk menstabilkan harga bahan pangan ke berbagai daerah. Jumat (26/5) (indra)
Sidoarjo (Antara Jatim) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjamin jika stok bahan pangan yang ada di provinsi itu  aman, menjelang pelaksanaan bulan suci Ramadhan dan Lebaran 2017 sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan berkurangnya pasokan.

Gubernur Soekarwo di Sidoarjo, Jumat mengatakan saat ini stok bahan pangan yang ada di Jawa Timur aman dan masyarakat tidak perlu khawatir terkait dengan stok bahan pangan.

"Kata kuncinya adalah saat ini stok pangan di Jawa Timur aman, distribusi lancar jadwal pengiriman di pelabuhan tidak terjadi kendala dan pengamanan terus dilakukan," katanya saat mengunjungi gudang Bulog di Buduran, Sidoarjo.

Ia mengemukakan, saat ini beberapa komoditas pangan harganya juga cukup stabil dan bahkan stoknya untuk Jawa Timur bisa sampai empat bulan kedepan.

"Hanya saja untuk harga bawang putih saat ini berkisar Rp51 ribu perkilogramnya untuk wilayah Surabaya. Tetapi, di luar Surabaya harganya sekitar Rp46 ribu setiap kilogramnya," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini stok bawang butuh terus digerojok dan diharapkan sampai dengan menjelang hari raya mendatang harganya sudah turun.

"Diperkirakan sepuluh hari sebelum hari raya harganya bisa turun sampai dengan Rp36 ribu sampai dengan Rp38 ribu perkilogramnya," ucapnya.

Ia menambahkan, untuk pasokan gula di Jawa timur saat ini sudah lebih dari cukup, begitu pula dengan kedelai dan cabai besar yang stoknya bisa sampai tiga bulan.

"Untuk cabai rawi stoknya sampai dengan enam bulan," katanya.

Ia mengatakan, untuk daging ayam potong saat ini harganya juga cukup bagus yakni sekitar Rp29 ribu.

"Begitu pula dengan telur yang saat ini harganya sekitar Rp19 ribu sampai dengan Rp20 ribu. Sementara biaya produksinya hanya Rp17 ribu," ujarnya.(*)
Video oleh: Indra Setiawan

Editor: Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0228 seconds memory usage: 0.57 MB